PENGARUH DAYA TARIK WISATA, LAYANAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI WISATA PUNCAK KUIK DESA GAJAH SAMBIT PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32134Keywords:
Daya Tarik Wisata, Layanan, Fasilitas, Kepuasan WisatawanAbstract
Indonesia sebagai negeri agraris, mempunyai banyak keunggulan yang bisa jadi sesuatu peninggalan dalam kenaikan perkembangan ekonomi. Pada tahun 2019, Indinesia menjadi destinasi wisata paling favorit di dunia menurut situs CNTraveler, dimana keindahan alam yang ditawarkan di Pulau Gili dan Bali merupakan salah satu sebabnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi wisatawan yang sudah berkunjung di wisata Puncak Kuik, jumlah sampel sebanyak 80 wisatawan diambil dengan teknik sampel proposive simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa sercara parsial variabel daya tarik wisata memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai (2,931) > (1,992), sercara parsial variabel layanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai (0,568) > (1,992), secara parsial variabel fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai (3,910) > (1,992). Hasil uji F menunjukkan ada pengaruh daya tarik wisata, layanan, dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai (92,041) > (2,492).References
Aprilia, E. R. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Ampenan Mataram. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 51.
Arifin, S. (n.d.). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Jepara Indah. 67–78.
Bakmi, P., & Di, A. (2009). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan bakmi aisy di depok. EKONOMI MANAJEMEN.
Beach, L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana Measurement of Tourist Satisfaction Level on Tourism Facilities in. 4(1), 53–66.
Dan, M., Menjadi, K., Di, N., & Syariah, B. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK PEMBIAYAAN TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH Bagja Sumantri. Jurnal Economia, 10(2), 141–147.
Herdiana, R., & Gunawan, C. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Bendungan Bojongkasih Kabupaten Cianjur. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 20–25.
Ibrahim, M. (2019). TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 4(1), 175–182.
Kaukabilla Alya Parangu, A. K. (2020). WISATAWAN DI NGEBEL PONOROGO Kaukabilla Alya Parangu dan Abdul Kholiq Pendahuluan. Sosiologi Reflektif, 14(2), 407–423.
Pitana, I. G., dan Gayatri, P. G. (2019). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pengantar IPitana, I. G., dan Gayatri, P. G. (2019). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pengantar Ilmu Pariwisata (Issue September 2022).lmu Pariwisata (Issue September 2022).
Pratama, R. A., Rahayu, S., & Yamalay, F. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Loyalitas Wisatawan melalui Variabel Intervening Kepuasan Wisatawan Danau Shuji di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Nasional Manajemenpemasaran Dan Sumber Daya Manusia, 3(3), 119–128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Sukatmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.