PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Abul Khoir Institut Agama Islam Annadwah Kuala Tungkal
  • Aminatuzzuhriah Aminatuzzuhriah Institut Agama Islam Annadwah Kuala Tungkal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33262

Keywords:

Media Interaktif, Pembelajaran Bahasa, Anak Usia Dini, Motivasi Belajar, Teknologi Pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media interaktif dalam pembelajaran bahasa pada anak usia dini melalui metode studi literatur. Dalam perkembangan teknologi pendidikan, media interaktif seperti aplikasi mobile, permainan edukatif, dan video animasi telah memberikan dampak signifikan terhadap pembelajaran bahasa. Penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berperan penting dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta penguasaan kosakata dan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Melalui tinjauan literatur yang mendalam, ditemukan bahwa media interaktif membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih imersif dan menyenangkan, sehingga memudahkan anak dalam memahami konsep-konsep bahasa secara lebih kontekstual. Namun, terdapat pula tantangan terkait penggunaan teknologi ini, seperti potensi ketergantungan pada media interaktif dan kurangnya interaksi sosial jika tidak diimbangi dengan aktivitas langsung. Penelitian ini juga menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam mendampingi anak-anak selama menggunakan media interaktif, untuk memastikan proses belajar berlangsung optimal. Di sisi lain, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi baru seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dalam pembelajaran bahasa. Kesimpulannya, media interaktif memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran bahasa pada anak usia dini, namun tetap memerlukan pengawasan dan bimbingan agar dapat digunakan secara efektif.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Dasmo, D., Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan hasil belajar fisika melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite 9. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1).

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37–51.

Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11.

Indriasari, R., Saputra, A. M. A., & Zarvianti, E. (2023). Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Swishmax Dalam Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas VIII SMP. Journal on Education, 6(1), 3494–3499.

Kurnia, R. D., Ibrahim, A., & Ruskan, E. L. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-Learning (Studi Kasus: Matakuliah Pemrograman Web, Jurusan Sistem Informasi Fasilkom. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 645–654.

Kwintiana, B., Haetami, A., Safar, M., Sa’idah, S., & Fradi, J. (2023). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 132–142.

Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.

Rambe, N., Fadli, M., Yazid, M., Interaktif, M., & Dasar, S. (2022). KAJIAN LITERATUR TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR. 4(04), 18–30.

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan Student Centered Learning (Scl) Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290

Rosidah, R., Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 10–16.

Sidabutar, R. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis google classroom dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 344–352.

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharti, S. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1025–1038.

Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2019). Peluang media interaktif dalam menunjang efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 101.

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Khoir, A. ., & Aminatuzzuhriah, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12002–12008. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33262