KINERJA LAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN: TANTANGAN DAN SOLUSI

Authors

  • M Harry Mulya Zein Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Anugerah Pratama Hustoto Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Sisca Septiani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33128

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Administrasi Kepegawaian, Evaluasi..

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan administrasi kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sungai Penuh, dengan fokus pada dimensi kualitas pelayanan berdasarkan teori Kotler, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di BKPSDM sudah cukup memadai dari segi sarana dan prasarana, lokasi yang strategis, serta kebersihan dan kenyamanan ruangan. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya jumlah petugas, ketiadaan ruang pelayanan khusus, dan ketidakaktifan website. Upaya perbaikan termasuk penambahan jumlah pegawai, pengaktifan website, serta peningkatan kompetensi pegawai melalui diklat. Dengan mengatasi hambatan-hambatan ini, diharapkan BKPSDM dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian yang lebih efisien dan responsif.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Zein, M. H. M., Hustoto, A. P. ., & Septiani, S. . (2024). KINERJA LAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN: TANTANGAN DAN SOLUSI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13068–13075. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33128

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.