HASIL BELAJAR MELALUI DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA 6 KABUPATEN SIJUNJUNG )
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32905Keywords:
Fasilitas, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar, Disiplin, MotivasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa berdasarkan data perbandingan nilai Ujian Nasional/ nilai ujian satuan pendidikan (USP) tingkat SMA Negeri se Kabupaten Sijunjung, SMA 6 Sinjunjung yang Terakreditasi B berada pada peringkat 11 dengan jumalah rata-rata 50 yang ujian diikuti oleh 93 siswa. Sedangakan peringkat pertama dipegang oleh SMA N 1 Sijunjung yang terakreditasi A dengan jumlah nilai rata-rata 70,83 dan peringkat terakhir diperoleh oleh SMA N 9 Sijunjung dengan jumlah nilai rata-rata 49,72. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa SMA N 6 Sijunjung masih relatif rendah. Menimbulkan bahwa sejumlah faktor mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana lingkungan belajar dan lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar di SMA N 6 Sijunjung dengan melihat motivasi belajar dan disiplin belajar sebagai variabel yang saling bergantung. Pendekatan deskriptif asosiatif digunakan dalam penelitian ini. Siswa dari kelas SMAN 6 Sijunjung pada tahun ajaran 2023-2024 menjadi populasi penelitian ini. Dengan menggunakan prosedur yang dikenal sebagai proporsional random sampling, 86 orang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan jalur analisis dan uji t sebagai instrumen penelitian. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, pengolahan dan analisis data dilakukan untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap disiplin, motivasi, dan hasil belajar, sehingga, fasilitas belajar, lingkungan keluarga, disiplin, dan motivasi belajar perlunya ditingkatkan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Sijunjung .References
Abdul, T. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65.
Astuti, C. Y., Hendra Ts, K., & Sarsono, S. (2022). Prestasi Belajar ditinjau dari Fasilitas, Motivasi, Manajemen Waktu Belajar serta Lingkungan Keluarga. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 24–32. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4422
Badriah, B. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Damanik, bahrudi E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 63–72. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182
hadziq Abdullah. (2022). A . PENDAHULUAN Pada era globalisasi ini hanya bangsa-bangsa yang berkualitas tinggi yang mampu bersaingatau berkompetisi di pasar bebas . Dalam hubungannya dengan budaya kompetisi tersebut , bidang pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan stra. 1(2).
Inayah, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/1012. In Jurnal pendidikan insan mandiri (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–12).
Muslimah, V., Taufik, M., & Lia, L. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9878–9884.
Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 133–148. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3031
Sayidah Meyanasari, W. (2017). Pengaruh Minat Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Man 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 602–611.
Setowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.
Sitompul, G. M., Abi, A. R., Sinaga, R., & Simarmata, E. J. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10504–10509.
Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.
Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Nuryani, Jolianis Jolianis, Ffi Yasmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




