PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32707Keywords:
Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika, Kemandirian Belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya, menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya, menguji pengaruh efikasi diri terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya, menguji pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya, menguji pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya, menguji pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Surabaya. Pembaruan dari penelitian ini adalah membuktikan secara simultan pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA NEGERI 20 SURABAYA dengan populasi seluruh siswa kelas XI kelompok C SMA Negeri 20 sebanyak 72 siswa dan sampel sebanyak 33 siswa dimana pengambilan sampel cara acak sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda secara parsial dan simultan. Dari hasil hipotesis pertama menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional yang sangat signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika dengan nilai dan nilai Sig. serta pengaruh sebesar 46,8%. Hasil hipotesis kedua menunjukkan tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar dengan nilai dan nilai serta pengaruh sebesar 7,4%. Hasil hipotesis ketiga menunjukkan tidak terdapat pengaruh efikasi diri terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika dengan nilai dan nilai Sig. serta pengaruh sebesar 1,7%. Hasil hipotesis keempat menunjukkan terrdapat pengaruh efikasi diri yang sangat signifikan terhadap kemandirian belajar dan nilai Sig. serta pengaruh sebesar 47,8%. Hasil hipotesis keenam menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri yang sangat signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika dengan nilai dan nilai Sig. serta pengaruh sebesar 68,8%. Hasil hipotesis keenam menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri yang sangat signifikan terhadap kemandirian belajar dengan nilai dan nilai Sig. serta pengaruh sebesar 49,6%.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amrina Rosyada Nurdi Yahya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




