PERANCANGAN VIDEO PODCAST YANG MENDIDIK DAN MEMBERIKAN MOTIVASI COSPLAYER KALANGAN ANAK MUDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32614Keywords:
Cosplay, Podcast, Berbagi PengalamanAbstract
Sudah menjadi naluri kita sebagai manusia untuk meniru atau mereplika hal-hal yang kita lihat dengan mata kita sendiri, dan budaya cosplay termasuk salah satu bentuk dari budaya meniru tersebut. Kendati begitu, tetap saja ada yang masih belum mengetahui penuh bagaimana memulai hobi cosplay dengan benar. Banyak juga yang menganggap cosplay hanyalah sekedar hobi, tanpa mengetahui potensi keuntungan secara materil yang bisa didapatkan dengan hobi cosplay. Oleh karena itu, media seperti video podcast menjadi media yang tepat untuk menyelesaikan masalah di atas. Terutama karena format video mudah diserap oleh kalangan anak muda saat ini, yang lebih cenderung untuk menonton konten video dalam format apa saja. Video podcast bertemakan cosplay menjadi media yang tepat untuk memotivasi serta mendidik kalangan anak muda untuk mulai memperdalam pengetahuan tentang dunia cosplay. Tentunya dengan syarat video tersebut mempunyai konten yang tak hanya menghibur, tetapi juga mendidik.References
Anonymous, 2017. https://www.cosplayerindonesia.com/berita-cosplay/sejarah-perkembangan-cosplay-di-indonesia/
Adani, M.R. 2020. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/apa-itu-podcast/
Rozhdestvenskaya, M. https://wave.video/id/blog/video-podcasts/
Rifda, A. 2022. https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-podcast/
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(2), 126-135
Azhari, D.R., & Muhlisian, A.A. (2023) Bisnis Alternatif Costume Maker Pada Industri Cosplay Di Bandung. Jurnal Abdimas Sang Buana 4(2), 74-85
Pramana, N. A., & Masykur, A. M. (2020). COSPLAY ADALAH “JALAN NINJAKU” SEBUAH INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS. Jurnal EMPATI, 8(3), 646-654
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Reyhan F.Z
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.