ANALISA PERAN EMOTIONAL INTELLIGENCE DALAM MENGATASI KONFILK INTERPERSONAL PADA TEMPAT KERJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32419Keywords:
Motivasi; Kemandirian Belajar; Pemahaman Konsep Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika. (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey korelasional. Sampel diperoleh dari kelas X SMK HS Agung dan SMK Dewantara tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 81 siswa. Dianalisis dengan menggunakan analisis regrensi linear berganda. Hasil Pengujian hipotesis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan F hit = 55,55. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan t hit = 11,43. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan t hit = 11,85.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erni Karyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.