PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Henni Endayani UINSU Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35170

Keywords:

Pengembangan, Modul PBM, Keterampilan, Masalah Sosial.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul, menguji kevalidan, kepraktisan dan keefktifan modul Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan. Hasil penelitian yaitu (1) modul PBM dikembangkan menggunakan model 4D meliputi tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. (2) modul PBM yang dikembangkan memenuhi kriteria valid baik dari segi materi dengan persentase sebesar 85% dan segi media dengan persentase sebesar 87%. (3) modul PBM yang dikembangkan juga mencapai kriteria praktis dengan persentase sebasar 76% dari respon mahasiswa. (4) modul PBM juga efektif baik pengujian dari segi hasil belajar mahasiswa dengan ketuntasan 81% maupun dari segi waktu yang ditinjau dari segi aktifitas mahasiswa selama kegiatan PBM berlangsung.

References

Amir, M. T. (2013). Inovasi Pembelajaran Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group.

Barr, Robert., J. L. B. dan S. S. (1978). Konsep Dasar Studi Sosial. Sinar Baru.

Hariyanto, W. dan. (2014). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Remaja Rosdakarya.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Morrison, G. R., Kemp, E. J., & Ross, S. M. (2004). Designing effective instruction. Merril.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Paisol Burlian. (2016). Patologi Sosial. Bumi Aksara.

Riyanto, Y. (2019). Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Guru dalam Imlementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Rusydiyah, M. A. dan E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik. Rajawali Pers.

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.

Soekanto, S. (1999). Sosiologi Suatu Pengantar. GrafindoPersada.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses di Sekolah/Madrasah. Ar-Ruzz Media.

Wina Sanjaya. (2005). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Endayani, H. . (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14280–14291. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35170