EVALUASI PROGRAM “UDA UNI PUSPA” DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DASAR ANAK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PADANG

Authors

  • Nurul Wakiah Universitas Negeri Padang
  • Desriyen Desriyen Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32051

Keywords:

Uda Uni Puspa, Evaluasi Model CIPPO, Literasi Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program “Uda Uni Puspa” dalam meningkatkan kompetensi literasi dasar anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa evaluasi program berdasarkan kelima aspek yaitu (1) aspek konteks: aspek konteks yang telah dilaksanakan dengan baik, dilihat pada latar belakang dan tujuan program yang selaras, landasan hukum yang jelas, relevansi program dengan kebutuhan siswa dan kerjasama dengan pihak terkait; (2) aspek masukan pada pelaksanaan program secara keseluruhan sudah cukup baik dilihat dari sumber daya, sarana dan prasarana, dan namun tidak ada dana untuk menunjang program; (3) aspek proses pada pelaksanaan program sudah dilaksanakan dengan baik berdasarkan jadwal yang terstruktur yang sudah direncanakan dengan matang, sosialisasi secara teratur dan kendala dapat diatasi; (4) aspek produk dalam pelaksanaan program sudah baik karena mencapai tujuan program yang ditetapkan namun belum bisa menilai kompetensi literasi dasar anak karena jadwal yang terbatas; (5) aspek manfaat pada pelaksanaan program sudah dilaksanakan dengan baik terlihat ada manfaat yang diperoleh siswa selama dan setelah mengikuti program.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Wakiah, N. ., & Desriyen, D. (2024). EVALUASI PROGRAM “UDA UNI PUSPA” DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DASAR ANAK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PADANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10897–10902. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32051