ANALISIS POSITIONING DENGAN METODE SWOT SEBAGAI STRATEGI PERBAIKAN PERUSAHAAN PADA KANTOR JASA PENILAI PUBLIK NI MADE TJANDRA KASIH DI SURABAYA

Authors

  • Rr. Indah Permata Sari Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32033

Keywords:

Analisis SWOT, Positioning, Strategi Yang Akan Datang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Positioning dengan metode SWOT sebagai strategi perbaikan perusahaan pada Kantor Jasa Penilai Publik Ni Made Tjandra Kasih di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik Analisis Data menggunakan metode SWOT dengan Evaluasi Faktor Internal dan Evaluasi Faktor Eksternal. Informan penelitian berjumlah 10 (Sepuluh) orang yang merupakan pegawai Kantor Jasa Penilai Publik Ni Made Tjandra Kasih Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Jasa Penilai Publik berada pada kuadran 1, posisi ini menandakan perusahaan yang kuat dan berpeluang maka strategi yang harus diterapkan adalah SO yaitu: Mempertahankan penilaian yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan dan SPI (Standar Penilaian Indonesia), Mempertahankan karyawan yang loyal dengan perusahaan, Meningkatkan hubungan yang baik dengan para pelanggan dan debitur. Adapun strategi bersaing menggunakan Matrik Internal – Eksternal yaitu: Meningkatkan keahlihan tenaga kerja dan memberikan pendidikan dasar penilai, Menciptakan pelayan yang lebih baik, Memberikan hasil penilaian dengan waktu yang cepat dan memperhatikan sarana dan prasarana kantor

References

Andiani, N. M. N. A., Bagia, I. W., & Susila, G. P. A. J. (2016). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik pada PT Alam Batu Beach Bungalow Resort Bali. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6713

Fazry, D. I., & Riyanto, S. (2020). Influence Of Work Motivation, Organizational Culture, and Quality Of Work Life On Employee Performance at KJPP Ayon Suherman dan Rekan. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 22(6), 58–63. https://doi.org/10.9790/487X-2206025863

Hery. (2018). Manajemen Strategik. Jakarta: PT Grasindo.

Lestari, V. N. S., Cahyono, D., & Susanto, O. A. (2019). Perlunya Penilaian Properti pada Kantor Jasa Penilai Publik. Journal Community Development and Society, 1(1), 20–33. https://doi.org/10.25139/cds.v1i1.1624

Rangkuti, F. (2013). Analisis Swot: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Setyani, M. N. (2017). Swot Analisis dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Kentucky Fried Chicken (KFC) Cabang Adityawarman Surabaya. Skripsi. Jurusan Ekonomi, Fakultas Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Narotama.

Suci, R. P., Hermawati, A., & Suwarta. (2019). Pentingnya Analisis SWOT untuk Meningkatkan Kinerja SDM (Studi Kasus Usaha Mikro Kecil dan Menengah Malang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 24–27. https://doi.org/10.35906/jm001.v5i2.369

Sugiyanto. (2017). Analisis Strategi Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) pada UPT Puskeswan di Kota Magelang [Tesis. Program Studi Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta]. http://eprint.stieww.ac.id/434/

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Sari, R. I. P. (2024). ANALISIS POSITIONING DENGAN METODE SWOT SEBAGAI STRATEGI PERBAIKAN PERUSAHAAN PADA KANTOR JASA PENILAI PUBLIK NI MADE TJANDRA KASIH DI SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10846–10856. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32033