PERANAN RADIO SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN DAKWAH

Authors

  • Winda Kustiawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Faiz Ahmad Zidan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Gita Vita Loka Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salman Kanz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauzul Azmi Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Defi Nurfajaria Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Latifah Rahmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30391

Keywords:

Radio, Dakwah, Media Massa

Abstract

Radio sebagai media massa yang efektif untuk menyebarkan dakwah. Radio, dengan kemampuannya menjangkau audiens luas melalui siaran audio, menjadi sarana utama dalam menyampaikan informasi, pendidikan, dan hiburan. Artikel ini mengulas karakteristik radio sebagai media yang bersifat auditori, personal, lokal, kompak, rileks, dan sederhana, yang membuatnya mampu menciptakan kedekatan emosional dengan pendengar. Dalam konteks dakwah, radio memberikan kelebihan dalam efektivitas dan efisiensi penyampaian pesan-pesan keagamaan tanpa memerlukan pertemuan langsung antara pendakwah dan pendengar. Meskipun demikian, radio juga memiliki keterbatasan seperti sifat siaran yang bersifat selintas dan terbatas waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggali perspektif dalam menggambarkan peran radio sebagai media penyampai dakwah. Artikel ini menggarisbawahi pentingnya radio sebagai alat untuk mengedukasi dan membimbing masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip agama. Dengan demikian, radio tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk memperkuat dan menyebarkan nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat secara global.

References

Astuti, Santi Indra. 2008. Jurnalisme Radio Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aziz, Moh. Ali. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bahri ,Ghazali . Dakwah Komunikatif Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997

Fiske, John. 2004. Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra.

Masduki. 2001. Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Reporter & PenyiarRadio. Jakarta: Penebar Swadaya.

Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Prosesional. Yogyakarta : LKIS

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rhenald, Kasali, 1998, Membidik Pasar Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Syukir, Amin. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Al-Ikhlas, Surabaya

Yunus, Mahmud. 1973. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Kustiawan, W. ., Zidan, F. A. ., Loka , G. V., Kanz, S. ., Daulay, F. A. ., Nurfajaria, D. ., & Rahmawati, L. . (2024). PERANAN RADIO SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN DAKWAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8682–8687. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30391

Most read articles by the same author(s)