PUBLIC RELATION DALAM PROGRAM-PROGRAM RADIO

Authors

  • Winda Kustiawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Atika Syalsabila Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amelia Lestari Butar- Butar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nursamsiah Pasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Alfazar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Raysa Finarik Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30560

Keywords:

Publik, Hubungan, Radio

Abstract

Artikel ini membahas peran penting humas (PR) dalam keberhasilan program radio, meskipun ada kemajuan teknologi dan perubahan pola konsumsi media. Radio terus menjadi penting sebagai saluran komunikasi yang efektif untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat. PR di radio bertujuan tidak hanya  untuk meningkatkan jumlah pendengarnya, tetapi juga membangun hubungan yang positif dan berkelanjutan dengan audiensnya. Strategi PR membantu menciptakan dan mempertahankan citra positif stasiun radio Anda dan meningkatkan keterlibatan pendengar melalui berbagai cara, termasuk siaran langsung, kampanye media sosial, dan partisipasi dalam acara komunitas. Humas di radio penting untuk membangun hubungan dengan pendengar serta hubungan kerja dengan sponsor, mitra bisnis, dan media lainnya untuk meningkatkan daya saing stasiun radio di pasar yang kompetitif. Penelitian ini 0menggunakan metode deskriptif kualitatif  untuk mengeksplorasi peran PR dalam program radio, tantangan penerapan strategi PR di dunia penyiaran, dan peluang terkait. Pemahaman yang lebih mendalam tentang peran PR akan membantu stasiun radio mencapai tujuan komunikasinya secara lebih efektif, mempererat hubungan dengan pendengar, serta membangun citra dan reputasi positif stasiun radio dalam asosiasi.Bagian Atas Formulir

References

Didin Syaifuddin. (1984) Radio Siaran, (Anwar Arifin, Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas (Bandung: Armico.)

Bogdan, Robert C. and Taylors K.B. (1992). Qualitative Researtch for Education An Introduction to Theory and Metdods. Boston: Ally and Bacon Inc.

Dananjaja. (2011) Peranan Humas Dalam Perusahaan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

H.A. Widjaja, Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000),

Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 4; No. 1; Tahun 2018

Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Professional. Yogyakarta : Lkis Yogyakarta

Nugrahani farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa, Surakarta: Deepublish.

Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy. M.A. (1991). Radio Siaran Teori dan Praktek

Robert T. Relly Public relations is a part of management of communication between the organization and its publics.” 3. (1981)

Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Kustiawan, W. ., Putri, A. S. ., Butar, A. L. B.-., Pasya, N. ., Alfazar, M. ., & Rambe, R. F. . (2024). PUBLIC RELATION DALAM PROGRAM-PROGRAM RADIO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8894–8899. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30560

Most read articles by the same author(s)