PUBLIC RELATION DALAM PROGRAM-PROGRAM RADIO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30560Keywords:
Publik, Hubungan, RadioAbstract
Artikel ini membahas peran penting humas (PR) dalam keberhasilan program radio, meskipun ada kemajuan teknologi dan perubahan pola konsumsi media. Radio terus menjadi penting sebagai saluran komunikasi yang efektif untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat. PR di radio bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan jumlah pendengarnya, tetapi juga membangun hubungan yang positif dan berkelanjutan dengan audiensnya. Strategi PR membantu menciptakan dan mempertahankan citra positif stasiun radio Anda dan meningkatkan keterlibatan pendengar melalui berbagai cara, termasuk siaran langsung, kampanye media sosial, dan partisipasi dalam acara komunitas. Humas di radio penting untuk membangun hubungan dengan pendengar serta hubungan kerja dengan sponsor, mitra bisnis, dan media lainnya untuk meningkatkan daya saing stasiun radio di pasar yang kompetitif. Penelitian ini 0menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi peran PR dalam program radio, tantangan penerapan strategi PR di dunia penyiaran, dan peluang terkait. Pemahaman yang lebih mendalam tentang peran PR akan membantu stasiun radio mencapai tujuan komunikasinya secara lebih efektif, mempererat hubungan dengan pendengar, serta membangun citra dan reputasi positif stasiun radio dalam asosiasi.Bagian Atas FormulirReferences
Didin Syaifuddin. (1984) Radio Siaran, (Anwar Arifin, Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas (Bandung: Armico.)
Bogdan, Robert C. and Taylors K.B. (1992). Qualitative Researtch for Education An Introduction to Theory and Metdods. Boston: Ally and Bacon Inc.
Dananjaja. (2011) Peranan Humas Dalam Perusahaan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
H.A. Widjaja, Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000),
Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 4; No. 1; Tahun 2018
Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Professional. Yogyakarta : Lkis Yogyakarta
Nugrahani farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa, Surakarta: Deepublish.
Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy. M.A. (1991). Radio Siaran Teori dan Praktek
Robert T. Relly Public relations is a part of management of communication between the organization and its publics.” 3. (1981)
Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winda Kustiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.