PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKNOLOGI PANGAN SISWA KELAS III SD NEGERI 4 KAYUAGUNG

Authors

  • Salsabila Salsabila Universitas PGRI Palembang
  • Andi Rahman Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30344

Keywords:

Snowball Throwing, Materi teknologi Pangan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar materi teknologi pangan siswa kelas III SD Negeri 4 Kayuagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dengan menggunakan eksperimen jenis pre experimental design dengan desain penelitian one-group pretest posttest design. Variabel penelitian variabel independen X = model pembelajaran snowball throwing dan variabel dependen Y = hasil belajar teknologi pangan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 4 Kayuagung yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumetasi. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yang dilakukan setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji paired simple t-test didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung 11.611 > ttabel 2,145. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar materi teknologi pangan siswa kelas III SD negeri 4 Kayuagung.   

References

Akhiruddin, Sujarwo, Haryanto, & Nurhikmah. (2020). BELAJAR & PEMBELAJARAN (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Anadia, P., Syaflin, S. L., & Hermansyah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media Power Point terhadap Hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12-20.

Angga, Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Modwl Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21 . JURNSL ALBASICEDU, 1046-1054.

Hapsari, R. P., Roosyanti, A., & Suprihatien. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Energi Pada Siawa Kelas III SDN Asemrowo Surabaya. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar| Volume 3, Nomor 1, Mei 2022| E-ISSN 2746-8011Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2746-8011.

Hernalis, S., Syaflin , S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V diSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 14914-14918.

Na'imah, S., Supangat, & Dewi, T. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Ciptamuda. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 162-167.

Nakiyah, N., Amri, K., & Widiyono, A. (2023). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnak IJPSE (Indonesia Journal Of Primary Science Education), 73-84.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). pengertian pendidikan. jurnal pendidikan dan konseling, 7915.

Samosir, Y., Gaol, R. L., Abi, A. R., Muchsin, Simarmata, E. J., & Mahulae, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sd Negeri Onanruggu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2022/2023. Bina Gogik, 398-403.

Syayidatun , N., Supangat, & Dewi, T. R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING. Awwaliyah : Jurnal PGMI, 162-167.

Tanjung, Y. A., Thesalonika, E., & Purba, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV UPTD SDN 122345 Pematang Siantar. Journal Of Social Science Researsh, 3590 - 3602.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Salsabila, S., & Andi Rahman. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TEKNOLOGI PANGAN SISWA KELAS III SD NEGERI 4 KAYUAGUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14668–14674. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30344