PENGARUH TUNTUTAN PEKERJAAN DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA TENAGA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30178Keywords:
Tuntutan Pekerjaan, Kesejahteraan Psikologis, Tenaga Pendidik, Sekolah Menengah Kejuruan, Studi Literatur, Stres Kerja, Dukungan SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tuntutan pekerjaan terhadap kesejahteraan psikologis pada tenaga pendidik sekolah menengah kejuruan (SMK) melalui metode studi literatur. Dalam konteks pendidikan kejuruan, tenaga pendidik sering dihadapkan pada berbagai tantangan dan tekanan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis mereka. Metode penelitian studi literatur digunakan untuk menganalisis dan menyintesis hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik ini. Sumber data diperoleh dari berbagai jurnal akademik, buku, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa tuntutan pekerjaan yang tinggi secara signifikan berhubungan dengan penurunan kesejahteraan psikologis tenaga pendidik SMK. Faktor-faktor seperti beban kerja yang berlebihan, tekanan untuk memenuhi target akademis, dan tuntutan administratif yang kompleks ditemukan sebagai penyebab utama stres dan kelelahan emosional. Di sisi lain, dukungan sosial dan lingkungan kerja yang positif berperan sebagai faktor pelindung yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Temuan ini menegaskan pentingnya perhatian terhadap manajemen tuntutan pekerjaan dan peningkatan dukungan bagi tenaga pendidik untuk menjaga kesejahteraan psikologis mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini termasuk rekomendasi untuk pengembangan kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan tenaga pendidik, serta intervensi yang efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih mendukung di SMK.References
Cahyono, Eko Wahyu. 2019. The Power of Gratitude : Kekuatan Syukur Untuk Menurunkan Stress Kerja. Cetakan Pe. DeepublisH
Farel, G., Ambiyar, Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMKdengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 1185 - 1190. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Heni Fitri Ratna Sari1, Ekawarna , Urip Sulistiyo. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 4(1) 1204 – 1211
Jalil, A. (2020). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.24239/jipya.v1i2.14.117-134
Kalimin, M. (2019). Pengaruh Pemberian Tunjangan Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 4 Kendari. Jurnal Bisnis Indonesia, 10(1), 45-56.
Mulyani, & Jamilus. (2021). Pengembangan Pendidik Sebagai Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1170 - 1176. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Miranda, CV (2021). Hubungan Work Life Balance Dengan Stres Kerja Pada Tenaga Pendidik. Di Universitas Muhammadiyah Malang. UniversitasMuhammadiyah Malang
I Putu Santika, Sili Antari, Yessi Ardianti, Nyoman Purnami. ( 2023 ). PENGARUH STRES KERJA, BUDAYA ORGANISASI,KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION GURU SMK RESTUMUNINGPEREAN. Journal of applied management and accounting science, 4 (2).
Sari, HF, Ekawarna, E., & Sulistiyo, U. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1204–1211. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2113
Sawal, S., Musa, MI, & Ruma, Z. (2022). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Kerja Guru Di Sman 12 Enrekang. JURNAL: Umum dan Khusus, 2(2), 249–261.
Salianto, Buku Ajar Psikologi industri & Organisasi. (2021).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yugni Aulia Nabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.