PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK FASE E SMAN 1 GUGUAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29503Keywords:
Pengaruh, Experiential Learning, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data tentang pengaruh penerapan model experiential learning terhadap motivasi belajar peserta didik fase E SMAN 1 Guguak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif tipe quasy eksperimen dengan total sampling 299 peserta didik sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Guguak pada fase E. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model experiential learning terhadap motivasi belajar geografi peserta didik fase E di SMAN 1 Guguak. Berdasarkan hasil penelitian terdapat nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksprimen 81,94% dengan kriteria sangat baik dan kelas kontrol 72,70% dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan independent sample Ttest dengan signifikansi 0,05 dimana hasil hipotesis penelitian menunjukkan 0,000 <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh penerapan model experiential learning terhadap motivasi belajar geografi peserta didik fase E SMAN 1 Guguak.References
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October. https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas
Dewi, W. S., & Raharjeng, A. R. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 14–17. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v4i1.1729
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.
Faristin, V. A., Ismanto, H. S., & Venty. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No, 24(024), 125–153.
Fithriyah, K., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN. 6(1), 39–45.
Istighafroh, Z. (2014). Pelaksanaan model pembelajaran. Pelaksaan Model Pemebelajaran Experiential Learning Di Pendidikan Dasar Sekolah Anak Prima Yogyakarta, 1–15.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Kemendiknas. (2014). Landasan Filosofis Pendidikan Nasional Pancasila. 1–8. https://www.kemdikbud.go.id/dokumen/pdf/renstra/Bab-I.pdf
Maulana, M. F. (2017). Implementasi Model Experential Learning dalam Pembelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya Siswa kelas IV MI Mifthahus Shibyan Mijen Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 1–128. https://eprints.walisongo.ac.id/5207/1/113911079.pdf
Ni Pt. Yanti Wiandariyani, Nym. Dantes, T. R. P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banjar Tegal , Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1344
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jipp, 4, 315–327.
Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).
Suryani, A., K, S., & Mursalam, M. . . (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(166), 741–753. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2373
Zuhryzal, A. (2019). Keefektifan Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Conservation, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lidia Mewilda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.