PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK FASE E SMAN 1 GUGUAK

Authors

  • Lidia Mewilda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Slamet Rianto Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Momon Dt Tanamir Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29503

Keywords:

Pengaruh, Experiential Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data tentang pengaruh penerapan model experiential learning terhadap motivasi belajar peserta didik fase E SMAN 1 Guguak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif tipe quasy eksperimen dengan total sampling 299 peserta didik sebagai sampel penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Guguak pada fase E. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model experiential learning terhadap motivasi belajar geografi peserta didik fase E di SMAN 1 Guguak. Berdasarkan hasil penelitian terdapat nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksprimen 81,94% dengan kriteria sangat baik dan kelas kontrol 72,70% dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan independent sample Ttest dengan signifikansi 0,05 dimana hasil hipotesis penelitian menunjukkan 0,000 <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh penerapan model experiential learning terhadap motivasi belajar geografi peserta didik fase E SMAN 1 Guguak.

References

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October. https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas

Dewi, W. S., & Raharjeng, A. R. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 14–17. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v4i1.1729

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.

Faristin, V. A., Ismanto, H. S., & Venty. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No, 24(024), 125–153.

Fithriyah, K., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN. 6(1), 39–45.

Istighafroh, Z. (2014). Pelaksanaan model pembelajaran. Pelaksaan Model Pemebelajaran Experiential Learning Di Pendidikan Dasar Sekolah Anak Prima Yogyakarta, 1–15.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kemendiknas. (2014). Landasan Filosofis Pendidikan Nasional Pancasila. 1–8. https://www.kemdikbud.go.id/dokumen/pdf/renstra/Bab-I.pdf

Maulana, M. F. (2017). Implementasi Model Experential Learning dalam Pembelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya Siswa kelas IV MI Mifthahus Shibyan Mijen Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 1–128. https://eprints.walisongo.ac.id/5207/1/113911079.pdf

Ni Pt. Yanti Wiandariyani, Nym. Dantes, T. R. P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banjar Tegal , Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1344

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jipp, 4, 315–327.

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).

Suryani, A., K, S., & Mursalam, M. . . (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(166), 741–753. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2373

Zuhryzal, A. (2019). Keefektifan Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Conservation, 8(2).

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Mewilda, L. ., Rianto, S. ., & Tanamir, M. D. . (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK FASE E SMAN 1 GUGUAK . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7210–7216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29503