PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINATNYA BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 6 PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29412Keywords:
Discovery Learning, Media Audio Visual, Minatnya BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar geografi siswa kelas XI di SMAN 6 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Pariaman yang berjumlah 116 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang “pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap minatnya belajar geografi di SMAN 6 Pariaman”, terdapat hasil tes akhir diperoleh persentase nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,96% dengan kriteria baik sedangkan pada kelas kontrol memperoleh presentase nilai rata-rata yaitu 70,10% dengan kriteria cukup baik. Hasil uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (0.05), dimana pada hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (6-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap minatnya belajar geografi di SMAN 6 Pariaman.References
Adha, M. M. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Mengoptimalisasikan Pemahaman Perbedaan Budaya Warga Masyarakat Indonesia dalam Kajian Manifestasi Pluralisme di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14(2), 1–10.
Alfuad, Z. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Tunas Bangsa Journal, 3(2), 42–54.
Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Butarbutar, M., Anisah, H. U., & Prawiro. (2022). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. Media Sains Indonesia.
Djaramah, S. . (2008). psikologi belajar. jakarta: Rineka Cipta.
Fahrurrozi, Edwita, & Bintoro, T. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. UNJ PRESS.
Hakim, L. (2022). Implementasi Model Discovery Learning dan Implikasinya Terhadap Minat Belajar Fikih Siswa Kelas X MANU Miftahul Falah Dawe Kudus. September, 55–82.
Hermawan, A. (2006). Metode Penelitian. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Ii, B. A. B. (2017). Artikel Bab II Model Pembelajaran Discovery Learning. 9–13.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Posda Karya.
Lengkana, A. S., Supriadi, C., & Dkk. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017 Implementasi Model Pembelajaran Penjas dan Modifikasi Alat Belajar. UPI Sumedang Press.
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Maharani, W., & Maryani, E. (2016). Peningkatan Spatial Literacy Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Peta. Jurnal Geografi Gea, 15(1), 46–54. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4184
Mustofa, K. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta.
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Perkasa.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ptjuDwAAQBAJ
Purwanto, M. N. (2010). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59.
Ridwan. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen. Dewa Ruchi.
Septy Nurfadhillah,. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (n.d.). Menjadi Pendidik Profesional. umsu press.
Silviani, T. R., & Dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. 35–43.
Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suherti, E., & Siti, R. (2017). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung: PGSD FKIP UNPAD.
Tanjung, D. S., Mahulae, S., & Tumanggor, A. F. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 144–154.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Slamet Rianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.