ANALISIS EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM INTEGRITAS (AGAMA DAN KEJURUAN) DI SEKOLAH MENENGAN KEJURAN BARDAN WASALAMAN BATANG

Authors

  • Ilham Akhmad Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Gus Dur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29280

Keywords:

Integritas, Kurikulum Agama dan Kejuruan.

Abstract

Pendidikan terus berkembang dan kebutuhan masyarakat mulai bertambah. Pendidikan dan pembelajaran membentuk pada karakter peserta didik yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Peserta didik dibekali ilmu keterampilan guna lulus nanti dapat berkarya langsung di masyarakat. Akan tetapi pendidikan keterampilan saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Karena seiring berkembangnya zaman, masyarakat juga semakin butuh ilmu agama, yang dapat menjadikan pedoman dari ilmu yang ada. Ilmu agama yang kuat akan menjadikan ilmu bermanfaat, maka sebaliknya jika lemah. Untuk itu saat ini zaman sudah berkembang begitu juga dengan kurikulum yang saat ini ada jenis kurikulum integritas, yaitu penggabungan antara pendidikan kejuruan dan pendidikan agama, yang saat ini telah di praktekkan oleh SMK Bardan Wasalaman Batang. Sekolah ini telah lama menggunakan kurikulum tersebut dan telah menjadi nilai plus diantara sekolah yang lainnya. Peneliti menganalisis evaluasi pelaksanaan Kurikulum Integritas yang ada di SMK Bardan Wasalaman melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan ialah SMK Bardan Wasalaman telah benar-benar melaksanakan sesuai dengan teori yang ada.

References

Ansyar, Mohamad. (2017) Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain & Pengembangan. Pt Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Astuti, Dini. (2023). Tantangan Dan Peluang Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Institut Agama Islam Negeri Curup Http://Studentjournal.Iaincurup.Ac.Id/Index.Php/Guau/Article/View/1151

Dahwadin, (2019) Motivasi Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cv. Mangku Bumi Media, Bandung

Febriana, Rina. (2021) Evaluasi Pembelajaran. Sinar Grafika Offset, Jakarta.

Lismani. (2017) Pengembangan Kurikulum. Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo,

Mahande, Ridwan Daud. (2023) Pengantar Pendidikan Kejuruan, Indonesia Emas Group, Bandung.

Nurhayati, Ulmah . (2022) Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Https://Journal.Uir.Ac.Id/Index.Php/Althariqah/Article/View/8332

Nugroho, Wachid. (2022) Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 73-84. Https://Jurnalp4i.Com/Index.Php/Vocational/Article/View/936

Rukajat, Ajat. (2018) Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish, Yogyakarta

Saputra, Lio Edi. (2022). Implementasi Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Pembelajaran Di SMK It Al Husna Lebong. Tesis Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup Https://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jime/Article/View/2982

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Akhmad, I. . (2024). ANALISIS EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM INTEGRITAS (AGAMA DAN KEJURUAN) DI SEKOLAH MENENGAN KEJURAN BARDAN WASALAMAN BATANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6811–6815. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29280