SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN ETOS KERJA GURU DI SMP IT AN NUR MUSTAFA CIKARANG BARAT

Authors

  • Rayandra Hadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sayan Suryana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Saprialman Saprialman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29078

Keywords:

Etos Kerja, Supervisi, Profesionalisme Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji praktik Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah dalam upaya Peningkatan Etos Kerja Guru di SMP IT An Nur Al Mustafa Cikarang Barat. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan supervisi sebagai instrumen utama. Supervisi dilakukan untuk memastikan kualitas kinerja guru dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan profesionalisme mereka. Etos kerja guru diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam profesionalisme pendidikan, yang memengaruhi kinerja guru dan kualitas pembelajaran siswa secara keseluruhan. Paradigma etos kerja yang dipahami dan diterapkan oleh guru dapat membantu meningkatkan motivasi dan dedikasi mereka. Dukungan dari kepala sekolah dan lembaga pendidikan penting dalam memfasilitasi pengembangan etos kerja guru. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya supervisi dan pengembangan etos kerja guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP IT An Nur Al Mustafa Cikarang Barat.

References

Anni, T. C. (2006). Psikolog Belajar. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Arikunto, S. (2004). Dasar - dasar supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Tahta Media Utama.

Kusumasari, P., Murniati, N. A. N., & Kusumaningsih, W. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kedungtiban Kabupaten Blora. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1175–1182. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20724

Nasution, L., & Seila, R. (2024). PERAN SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MEDAN. 7, 2151–2155.

Purwanto, M. N. (1990). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Karya

Sinamon, J. (2018). 8 ETOS KERJA PROFESIONAL. 9, 8–10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta.

Undang undang RI. Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. (2003).

Yayuk, Y., Ramdani, A., & Syafruddin, S. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1564

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Hadi, R. ., Suryana, S. ., & Saprialman, S. (2024). SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN ETOS KERJA GURU DI SMP IT AN NUR MUSTAFA CIKARANG BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 6564–6569. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29078

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)