IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD KARANGANYAR GUNUNG 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28759Keywords:
Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, SD N Karanganyar Gunung 2Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Karanganyar Gunung 2. Pendidikan karakter menjadi fokus utama dalam pembentukan kepribadian siswa melalui pendidikan formal dan informal di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi untuk mendapatkan data tentang kegiatan dan inisiatif yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Karanganyar Gunung 2 memiliki beragam kegiatan dan strategi untuk menanamkan nilai-nilai karakter seperti religius, integritas, mandiri, gotong royong, dan nasionalisme kepada siswa. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya partisipasi guru, resistensi siswa terhadap perubahan budaya sekolah, dan keterbatasan fasilitas, namun sekolah tetap berusaha keras untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter siswa secara optimal.References
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.
Anggraini, M. S. A., & Zulfiati, H. M. (2017). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD N Kotagede 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3): 151-158.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
Khoiriah, K. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SMP Negeri 22 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(3): 1448-1455.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57.
Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nispiani, N. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN 32 Cakranegara.Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1): 4699-4713.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Safitri, Malinda. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di SMPN 14 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter 6(2): 173–83.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitantif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tong, J., Supena, A., & Siswono, E. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 24 Jakarta. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riyan Aryuning Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.