KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI

Authors

  • Devi Syukri Azhari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Mustapa Mustapa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865

Keywords:

Konsep, Pendidikan Islam, Imam Al-Ghazali

Abstract

Menurut Al-Ghazali, pendidikan Islam yaitu pendidikan yang berupaya dalam pembentukan insan paripurna, baik di dunia maupun di akhirat. Menurut Al Ghazali pula manusia dapat mencapai kesempurnaan apabila mau berusaha mencari ilmu dan selanjutnya mengamalkan fadhilah melalui ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Menurut Al Ghazali tujuan utama pendidikan Islam itu adalah ber-taqarrub kepada Allah Sang Khaliq, dan manusia yang paling sempurna dalam pandangannya adalah manusia yang selalu mendekatkan diri kepada Allah. Tujuan itu tampak bernuansa religius dan moral, tanpa mengabaikan masalah duniawi Metode yang digunakan untuk diklasifikasikan al-ghazali menjadi dua bagian :Pertama, metode khusus pendidikan Agama, metode khusus pendidikan agama ini memiliki orientasi terhadap pengetahuan aqidah karena pendidikan agama pada realitasnya lebih sukar dibandingkan dengan pendidikan lainnya, karena pendidikan agama menyangkut problematika intuitif dan lebih menitikberatkan kepada pembentukan personality peserta didik. Kedua, metode khusus pendidikan Akhlak, Al-ghazali mengungkapkan :” Sebagaimana dokter, jikalau memberikan pasiennya dengan satu macam obat saja, niscaya akan membunuh kebanyakan orang sakit, begitupun guru, jikalau menunjukkan jalan kepada murid dengan satu macam saja dari latihan, niscaya membinasakan hati mereka.

Author Biographies

Devi Syukri Azhari, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Mustapa Mustapa, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

References

Moh Shofan, Pendidikan Berparadigma Profetik Jogjakarta : Ciputat Pers, 2002.

Sirajuddin, Filsafat Islam, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Hasyimiyah Nasution, Filsafat Islam, Jakarta : Gaya Media Pratama, 1999.

Ahmad Syadani, Filsafat Umum, Bandung. Pustaka Setia, 1997.

Yunasril Ali, Perkembangan Pemikiran Falsafi dalam Islam, Jakarta. Bumi Aksara, 1991.

Al-Ghazali, Tahafut al-Falasifah, Yogyakarta: Islamika, 2003.

Al-Ghazali, Mutiara Ihya` Ulumuddin. Terj Iwan Kurniawan. Mizan: Bandung. 2001

Arifin M., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Fathiyah Hasan Sulaiman. Konsep Pendidikan Al-Ghazali, Jakarta: Guna Aksara, 1986.

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003

Ramayulis dan Nizar, Samsul, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Ciputat: PT Ciputat Press group, 2005.

Zainuddin dkk., Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara,1991.

Downloads

Published

2022-01-05