VIRTUAL LABORATORIES FOR SCIENCE LEARNING IN THE DIGITAL ERA

Authors

  • Mustapa Mustapa Universitas Negeri Manado
  • Wilce Anna Cahya Kuendo Universitas Negeri Manado
  • Aisyiah Restutiningsih Putri Utami Universitas Negeri Manado
  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Manado
  • Chaleb Paul Maanari Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20815

Keywords:

Laboratorium Virtual, Pendidikan Sains, Phet, Chemcollective, Olabs.

Abstract

Di era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi, pemanfaatan laboratorium virtual menjadi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan sains. Dalam konteks digital ini, laboratorium virtual mempunyai kemampuan untuk menggantikan peran laboratorium nyata dalam menguji teori, hukum, dan konsep ilmiah. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai platform laboratorium virtual yang dapat diterapkan pada pendidikan sains. PhET, Chemcollective, dan OLabs adalah platform yang dianalisis dalam artikel ini. Setiap platform memiliki kekuatan dan keterbatasannya masing-masing. Informasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam memilih platform laboratorium virtual yang selaras dengan tujuan pendidikan sains yang dimaksudkan.

References

Anfa, Q., Aryungga, S. D. E., & Zahrotin, A. (2021). Pelatihan di masa pandemi covid-19 tentang pembuatan lembar petunjuk praktikum ipa berbasis laboratorium virtual. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1408–1417.

Arda, A. (2022). Penerapan laboratorium virtual dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA mahasiswa PGMI. Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 3(2), 9–14.

Azma, N., Cahyono, E., & Nuswowati, M. (2022). Effectiveness of Online Learning Assisted by Olabs Virtual Laboratorium in Improving Students’ Science Process Skills. International Journal of Active Learning, 7(1), 86–93.

Basuki, B. (2023). Penggunaan media laboratorium virtual pada pelatihan di wilayah kerja guru IPA MTs di kantor kementerian agama kabupaten Waykanan dan kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 47–55.

Bogar, D. Y., Jufriansah, A., & Prasetyo, E. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Buletin Edukasi Indonesia, 2(03), 102–112.

Bunyamin, E. M., Siregar, E. S., & Kusumawardani, D. K. (2021). Need analysis of virtual laboratory for vocational school learning practices during covid-19 pandemic. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 192–199.

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh penerapan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar IPA siswa pada materi gerak lurus. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 271–277.

Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351–359.

Fatimah, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA-fisika smartphone berbasis android sebagai penguat karakter sains siswa. Jurnal Kaunia.

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virtual laboratory of electricity concept to improve prospective physics teachers creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 102–111.

Hakim, M. F., Maksum, A. H., Saragih, Y., & Hasanah, C. S. (2020). Analysis on the implementation of virtual versus reality laboratory. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(2), 59–65.

Hapsari, A. S., Rohim, I. R. F., & Zahrah, Q. F. (2021). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika Secara Daring Menggunakan Virtual Laboratorium. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(03), 155–163.

Hastuti, W. B. (2021). Meretas motivasi belajar peserta didik di era pandemi melalui video virtual laboratory. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(1), 32–39.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186–195.

Lutfi, A., & Hidayah, R. (2017). Training science process skills using virtual laboratory on learning acid, base, and salt. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 1(2), 56–61.

Meilina, I. L., Rohmah, A. A., & Farikha, N. (2023). Studi Literatur Efektivitas Virtual Laboratorium Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 40–50.

Mirdayanti, R. (2017). Kajian penggunaan laboratorium virtual berbasis simulasi sebagai upaya mengatasi ketidak-sediaan laboratorium. Visipena, 8(2), 323–330.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: Peluang dan tantangan. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77–83.

Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2021). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(2), 73–84.

Ningsih, R. D., Natasyah, E., Ananta, S., Fitra, P., Novianty, R., & Rahma, N. (2019). PEGASUS: Penerapan teknologi menggunakan chemcollective’s virtual chemistry laboratory. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 73–79.

Nirwana, R. R. (2011). Pemanfaatan laboratorium virtual dan e-reference dalam proses pembelajaran dan penelitian ilmu kimia. Jurnal Phenomenon, 1(1), 116–117.

Nurfidah, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Dengan Bantuan Aplikasi Rekam Layar Pada Materi Routing. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(3), 87–92.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034.

Quraisy, A., Muzaini, M., Ilhamsyah, I., & Gaffar, A. (2023). Pemanfaatan laboratorium virtual dalam pembelajaran matematika. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 280–288.

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71–75.

Rizal, A., Adam, R. I., & Susilawati, S. (2018). Pengembangan laboratorium virtual fisika osilasi. Jurnal Online Informatika, 3(1), 55–60.

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182.

Swandi, A., & Rahmadhanningsih, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual dan Blended Learning untuk Guru IPA di SMA Islam Athirah 1 Makassar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1231–1240.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.

Wati, A. (2021). Penggunaan media virtual laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep materi dan kemandirian siswa melakukan praktikum. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2), 256–270.

Widodo, A., Maria, R. A., & Fitriani, A. (2016). Peranan praktikum riil dan praktikum virtual dalam membangun kreatifitas siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 92–102.

Yuliastrin, A., Kharisma, A., & Thahir, M. (2022). Analisis Pengetahuan Tentang Laboratoriunm Virtual berbasis Inkuiri Pada Mahasiswa Tadris IPA UIN SUSKA. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 3(1), 33–37.

Zamil, M. R. R., & Udyaningsih, P. S. (2021). Profil Implementasi Model Connected Pada Pembelajaran IPA di Indonesia: Kajian Literatur 2012-2021. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–73.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Mustapa, M., Kuendo, W. A. C., Utami, A. R. P., Jannah, M., & Maanari, C. P. (2023). VIRTUAL LABORATORIES FOR SCIENCE LEARNING IN THE DIGITAL ERA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3219–3228. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20815