ANALISIS KENAKALAN REMAJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 GUNUNG SITOLI

Authors

  • Melva Samona Tambunan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Wulan Erika Telaumbanua Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Rinaldy Pane Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Muldianto Hutasoit Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Diana Situmeang Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28541

Keywords:

Kenakalan Remaja; Prestasi Belajar; Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerentanan masa remaja pada hal negatif. Remaja merupakan tahapan dimana individu mencari jati dirinya dan mengidentikkan kepada banyak orang. Sikap ingin dihargai adalah hal yang sangat penting bagi remaja. Dalam tahapan pertumbuhan, remaja berada pada kondisi sangat labil, baik secara fisik maupun psikis. Remaja ingin melakukan banyak hal, baik itu positif maupun negatif. Sebagai perlakuan positif, remaja sering kali menunjukkan eksistensinya melalui organisasi, pertunjukan, dan hal-hal lain yang bisa dicapai. Sedangkan bentuk negatifnya, remaja melakukan hal-hal yang tidak terpuji contoh mabuk-mabukan, berbohong, tidak mau ke sekolah atau bolos saat jam pembelajaran. Oleh karena semua perlakuan remaja ini, maka semua aktivitasnya sangat perlu diperhatikan. Orang dewasa menjadi tiang penyokong bagi mereka supaya tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif yang merusak masa depan mereka.

References

Abduloh, Suntoko, Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Budiyani, A. N. (2007). Hubungan Kenakalan Remaja Dengan Prestasi Belajar Siswa di MTs YPKP Jakarta Timur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gainau, M. B. (2021). Perkembangan Remaja dan Problematikanya. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Lumbanraja, M., Malau, Y. V., & Lubis, T. (2022). Body Theology: Reinterpreting God’s Gift in Human Frailty. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 115–130.

Manurung, R., Sitinjak, S., & Gulo, E. (2022). The Influence of Christian Religious Education Learning with Jigsaw Model on Student Engagement and Learning Outcomes. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 90–106.

Mulyatiningsih, R., Pancariatno, S., Yohanes, K., & Rohayati, M. (2006). Bimbingan Pribadi, Sosial, Belajar, dan Karier. Jakarta: PT. Grasindo.

Mumtahanah, N. (2015). Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Refrensif, Kuratif, dan Rehabilitasi. Studi Keislaman, 5(2).

Pakpahan, B. A. S., Simbolon, R., Telaumbanua, E. H., & Situmenag, D. M. (2022). Exploring local wisdom in educator management: valuable lessons from well-known institutes in the lake toba region. Res Militaris, 12(4), 147–155.

Sahat, T., Sinaga, M. S., & Simanjuntak, E. (2022). New Earth Ethics: Harmonizing Anthropocentric and Ecocentric Perspectives. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 67–89.

Salamadian. (2023, December). Pengertian, Jenis, Penyebab dan Contoh.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2).

Siburian, E. S. G., Sinaga, J. B. (2022). Teaching Style as a Reflection of Understanding Christian Ethics. Exousia, 1(2), 31–46.

Sirait, N., Hasibuan, S. F. F. Y., & Silaban, K. (2022). Analysis of The Influence of Character Education Implementation By Sunday School Teachers on Children’s Spiritual Intelligence. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 110–123.

Situmeang, D. M., & Hutahaean, A. N. permata sari. (2021). Mata Guru Roha Sisean: Berpikir Kritis dalam Mengambil Keputusan Berdasarkan Ungkapan Batak Toba dan Kristiani. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 239–246. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.557

Situmorang, N., Sinaga, B. Y., & Simanjuntak, G. I. (2022). Enhancing Students’ Moral Development through Counseling by Christian Religious Education Teachers. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 150–165.

Sunarsih, N., Widokarti, J. R., & Priansa, D. J. (2023). PBL di Era Digital (Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Tutorial Daring). Asadel Liamsindo Teknologi.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Wati, N. S. (2019). Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Pacet. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Tambunan, M. S. ., Telaumbanua, W. E., Pane, R. ., Hutasoit, M. ., & Situmeang, D. . (2024). ANALISIS KENAKALAN REMAJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 GUNUNG SITOLI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6130–6137. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28541