PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM AKTIVITAS SENAM BERIRAMA PADA SISWA KELAS V SDN LONTAR 481 SURABAYA

Authors

  • Bagus Haqi Abdulloh Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Ayu Miranda Universitas Negeri Surabaya
  • Armanda Cipta Sayekti Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya
  • Heni Yuni Astutik Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28446

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Senam Berirama.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah upaya untuk meningkatan hasil belajar senam berirama dengan menerapkan metode Discovery Learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan beberapa tahapan. Objek dan Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lontar 481 Surabaya. Instrumen pengambilan data menggunakan Tes dan Observasi. Penelitian ini menganalisis data yang meliputi persentase, ketuntasan setiap peserta didik, ketuntasan klasikal, dan persentase peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran pada Siklus I, Kategori Sangat Baik 0%, Kategori Baik 0%, Kategori Cukup 16%, dan 48% dalam Kategori Kurang. Sedangkan pada Siklus II terjadi peningkatan persentase skor aktivitas belajar siswa yaitu terdapat 28% masuk dalam kategori Sangat Baik, 48% masuk dalam kategori Baik, dan 20% siswa dalam kategori Cukup. 4% siswa dalam kategori Kurang, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori Sangat Kurang. Selanjutnya persentase peningkatan hasil belajar siswa klasikal pada Siklus I hanya 64%, terjadi peningkatan yang signifikan pada Siklus II yaitu 88%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar senam berirama pada siswa kelas V SDN Lontar 481 Surabaya.

References

Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini.

Anugraheni, I. (2017). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205–212.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58.

Dahlan. (2012). Pengembangan pembelajaran berbasis Quantum Learning pada materi Sistem Pencernaan Manusia.

Farhatani. (2014). Pembelajaran Discovery Learning. Aritem.

Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran discovery strategy & mental vocational skill / Mohammad Takdir Ilahi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:146691617

Kautsar, M., Triansyah, A., & Supriatna, E. (n.d.). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(7), 260–270.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada.

Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2026). Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2), 144751.

Nugrahaini, R. W. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Aktivitas Senam Berirama Pada Siswa Kelas VI SDN SiwalanKerto II Surabaya. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1(1), 44–54.

Sari, S. P. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi 21.1 Setda Kabupaten Sragen. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(8), 371–377.

Sasi, D. N. (2011). Meningkatkan kemampuan gerak dasar dan kognitif anak melalui senam irama. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, 1, 46–52.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Abdulloh, B. H. ., Miranda, E. A. ., Sayekti, A. C. ., Priambodo, A. ., & Astutik, H. Y. . (2024). PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM AKTIVITAS SENAM BERIRAMA PADA SISWA KELAS V SDN LONTAR 481 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5955–5961. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28446