DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 BOKAT

Authors

  • Putri Ayu Natasyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulaecha Ngiu Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun W. Wantu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28125

Keywords:

Game Online, Hasil Belajar, Siswa SMPN 1 Bokat

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bokat. Metode penelitian yang diterapkan dengan pendekatan deskriptif.  Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh mencakup sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dampak game online memiliki dua dampak. Pertama, game online memberikan dampak positif dengan mampu mengurangi tingkat stres belajar siswa, menghasilkan peningkatan kesejahteraan psikologis ketika menghadapi tugas-tugas sekolah. Kedua, dari sisi negatif,  game online dapat menurunkan kualitas pembelajaran dan menyebabkan siswa kehilangan fokus saat menerima materi pembelajaran. Selanjutnya, faktor yang mendorong siswa untuk lebih tertarik bermain game online daripada fokus pada kegiatan belajar melibatkan faktor internal, seperti dorongan mencapai kesenangan, kepuasan langsung, dan pencapaian prestasi pribadi dari bermain game. Sementara itu, faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang kurang mendukung dan kurangnya variasi metode pembelajaran di sekolah, turut berperan dalam memicu siswa memilih game online sebagai alternatif saat merasa bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti urgensi bagi instansi pendidikan dan peserta didik untuk mengelola penggunaan game online dalam konteks pembelajaran.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aji, C.Z. 2012. Berburu Rupiah Lewat Game Online, Volume 31,Halaman 9 .

Chandra Zebah, Aji. Berburu Rupiah Lewat Game Online, (Yogyakarta: Bounaboks, 2012).

Firmansyah, F., & Fauziyah, N. (2023). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Midanutta’lim Jombang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(4), 362-374.

Handayani, D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online pada Remaja Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Analisis Regresi Logistik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Irawan, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Irawan, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Kustiyani, R. (2021). Adiksi Game Online Mobile Legend Pada Anak. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(1), 24-27.

Kardefelt-Winther, D. 2017. Conceptualizing Internet Use Disorders: Addiction Or Coping Process Psychiatry And Clinical Neurosciences, Volume 71,Nomor 7,Issn: 459-466

Krista Surbakti. 2017. Pengaruh Terhadap Remaja Dalam Jurnal Curere, Volume 01, Nomor. 01 Issn: 2597-9515

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pratama, A. S. P. (2017). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Pada Smartphone (Mobile Online Games) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.[Online]. Lampung, Universitas Lampung. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, 18.

Sari, I. M., & Prajayanti, E. D. (2017). Peningkatan pengetahuan siswa SMP tentang dampak negatif game online bagi kesehatan. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31-39.

Sri Wahyuni Adiningtyas, (2017) Peranan Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game On Line, Jurnal. KOPASTA, 4, Vol 1

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wardany, R. A., Suhartono, S., & Mas’ula, S. (2021). Analisis Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV B di SD Negeri Sawojajar 01 Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 1020-1035.

Yanti, N. L. N., Sastrawan, K. B., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi Pgsd, 1(1).

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Natasyah, P. A. ., Ngiu, Z., & W. Wantu , A. (2024). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 BOKAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6404–6412. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28125

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.