IMPLEMENTASI PENGELOLAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN BERDASARKAN INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP) TAHUN 2020 DI MAN 1 KOTA CIMAHI

Authors

  • Irfan Rahmatullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27868

Keywords:

Mutu, Guru, Tenaga Kependidikan.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui mengenai implementasi pengelolaan guru dan tenagaikependidikan untuk melihat adanya peningkatan kualitas Pendidikan berdasarkan IASP 2020 di MAN 1 Kota Cimahi. Penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kualitatif yang mana pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, dokumentasi observasi langsung di lokasi penelitian. Guru dan tenaga kependidikan merupakan dua hal pokok dalam berjalannya suatu proses pembelajaran Pendidikan, namun dalam hal ini kedua hal tersebut harus sesuai dengan standar mutu Pendidikan sehingga dapat di katakan layak dan sesuai standar IASP yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya pengelolaan guru dan tenaga kependidikan di suatu Lembaga Pendidikan merupakan suatu keharusan yang mana dalam penelitian yang dilakukan di MAN 1 Kota Cimahi ini pengelolaan guru dan tenaga kependidikan berjalan lancar dan berdampak positif dengan adanya peningkatan pada kualitas Pendidikan, peningkatan pada kedisiplinan dan kehadiran, adanya peningkatan kinerja pada guru dan tenaga kependidikan sehingga dapat meninggkatkan mutu dan mencapai tujuan Pendidikan yang berkualitas.

References

Anggraeni, Dewi, dkk. 2020. Pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan Berbasis Kinerja di Sekolah Islam Terpadu Al-Azhar Sumatera Selatan. Jurnal Nurani Pendidikan islam, 7(2).

Astuti,tri, dkk. 2020. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Portal, 19(2).

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah. (2020). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Hidayah, N. 2020. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Hidayat, A. 2009. Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: UPI Bandung.

Komariyah, L. 2021. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Abad 21. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI.

Malik, A., & dkk. 2019. Naskah Akademik Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020. Jakarta Selatan: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Mulyasa. 2022. Manajemen Guru dan Tenaga Kependidikan. Depok : PT. Rajagrafinda Persada.

Nurjaningsih, S., & dkk. 2019. PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (MPPS - PTK). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rahayu, Sri, dkk. 2020. Pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 1 Jaten, Karanganyar. Jurnal UMS E-Journal, 8(1).

Suparman. 2020. Manajemen Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Banjarnegara : Pustaka Cendekia Utama.

Surachman, & Alkhudri, A. T. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Tirtoni, F., & Wulandari, F. 2021. Manajemen Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press'.

Wijaya, C., & dkk. 2019. Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI Medan.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Rahmatullah, I. ., & Nugraha, M. S. . (2024). IMPLEMENTASI PENGELOLAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN BERDASARKAN INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP) TAHUN 2020 DI MAN 1 KOTA CIMAHI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5221–5227. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27868