UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS IX SMP NEGERI 2 HILISERANGKAI

Authors

  • Novi Christiani Lahagu Universitas Nias
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias
  • Natalia Kristiani Lase Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27573

Keywords:

Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran IPA melalui penerapan Student Facilitator and Explaining. (2) Mendeskripsikan keaktifan belajar peserta didik. (3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Hiliserangkai. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-2 dengan jumlah 27 orang. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Siklus I rata-ratanya sebesar 58,33% tergolong kurang dan Siklus II sebesar 83,86% tergolong baik. (2) Keaktifan belajar peserta didik pada Siklus I rata-ratanya sebesar 63,50% tergolong sedang dan Siklus II yaitu 88,35% tergolong tinggi. (3) Hasil belajar peserta didik pada Siklus I rata-ratanya sebesar 67,33 tergolong cukup dan Siklus II sebesar 83,56 tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

References

Ali, Lalu Usman. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Volume 6, Nomor 2

Almi, dkk. (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining di Kelas X SMK Dhuafa Padang. Jurnal VOMEK, Volume 2, Nomor 1

Angesti & Melati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Tata Surya. Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, Volume 3, Nomor 1

Arfani, Laili. (2020). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Hukum, Volume 11, Nomor 2

Faizah, Silviana Nur. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1, Nomor 2.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Volume 11, Nomor 1

Fatimah, Panjaitan dan Eko Sri Wahyuni. (2022). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas XI SMA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), Volume 6, Nomor 3

Hazmi, Nahdatul. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, Volume 2, Nomor 1

Jamaludin, Gilang Maulana & Arita Marini. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Volume 8, Nomor 4

Junaedi, Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, Volume 3, Nomor 2

Kanza. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Volume 9, Nomor 2

Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.

Khoerunnisa, Putri dan Syifa M. Aqwal. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mustikasari, Indah, dkk. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 3, Nomor 3

Nabila, Nikita, dkk. (2021) Pengaruh Keterampilan Proses IPA Kelas IV dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFE). BIOCHEPHY: Journal of Science Education, Volume 1, Nomor 1

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, Volume 3, Nomor 1

Rasyid, Tabrani Ilham. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), Volume 5, Nomor 3

Riyandi, Nanang, dkk. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Krueng Itam Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, Volume 12, Nomor 1

Royani, dkk. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaning Pada Pembelajaran IPA. Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri, Volume 1, Nomor 2

Rusmiati, dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda melalui Model Student Facilitator and Explaining pada Murid Kelas IV SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 3, Nomor 3

Sabo, Hidayah & Nurul Fadhilah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2

Sari, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6, Nomor

Satar, Suriyah, dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Melalui Media Ular Tangga Siswa Kelas XI-MIPA-1 SMA Negeri 5 Wajo. SCEDULE (Sciences Education And Learning) JOURNAL, Volume 3, Nomor 1

Setiawati, Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, Volume 35, Nomor 1

Siang, Jhoni Lagun, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 22, Nomor 1

Suarim, Biasri dan Neviyarni. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, Nomor 1

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sundari, Kori & Krosita Fajariantini Riyadi. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Mangun Jaya 01 Tambun Selatan. Pedagogik, Volume 7, Nomor 1

Syamsidar, Nora. (2022). Peningkatan Penguasaan Konsep Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Ungaran. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, Volume 2, Nomor 2

Tibahary, Abdul R dan Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 1, Nomor 1

Yani, Riski, dkk. (2019). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Pada Kurikulum 2013 Revisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, Volume 4, Nomor

Yanto, Y. & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, Volume 1, Nomor 1

Zarkasi & Taufik. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam / Journal of Islamic Education, Volume 7, Nomor 2

Zulqadri, Ahmad, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 62 Beroanging Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, Selecta Education, Volume 1, Nomor 2

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Lahagu, N. C. ., Waruwu, T. ., Lase, N. K. ., & Harefa, A. R. . (2024). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS IX SMP NEGERI 2 HILISERANGKAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27573