PERANAN MAJELIS TAKLIM DAN LEMBAGA DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH ANALISIS FUNGSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27429Keywords:
Majelis Taklim, Lembaga Dakwah, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini mengkaji peranan signifikan dari Majelis Taklim dan lembaga dakwah dalam konteks pendidikan Islam, dalam rangka memahami kontribusi nyata mereka pada pengembangan edukatif di komunitas Muslim. Menggunakan pendekatan analisis fungsional, studi ini menyoroti bagaimana kedua entitas tersebut menyediakan sumber belajar yang vital dan membentuk lingkungan pembelajaran bagi umat Islam yang mencakup aspek teologis maupun aplikatif dari agama. Dengan mengumpulkan data melalui kepustakaan dan analisis dokumen, penelitian ini menelisik fungsi pendidikan, sosialisasi, dan konservasi nilai-nilai Islam yang dilakukan oleh Majelis Taklim dan lembaga dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keduanya berperan dalam menyinergikan pengetahuan formal dengan informasi praktis tentang Islam, menanamkan akhlak dan keimanan, serta membentuk kesadaran keislaman yang kuat di tengah masyarakat. Meskipun ada beberapa tantangan seperti keterbatasan metodologi pendidikan, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang terlatih, Majelis Taklim dan lembaga dakwah secara efektif memfasilitasi pendidikan Islam yang inklusif dan adaptif.References
Abdullah. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. In Marjuni (Ed.), ????????? ???????. Alauddin University Pres.
Abdullah. (2019). Ilmu Dakwah?: Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Aplikasi Dakwah (Nomor september 2016). Rajawali Pers.
Aripudin, A., & Mukarom, Z. (2021). Institusi Dakwah?: Kajian Elementer. In E. Kuswandi (Ed.), Remaja Rosdakarya.
Atiqoh, & Castrawijaya, C. (2023). Al-Mustla?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan Kepemimpinan dan Budaya Lembaga Dakwah. Al-Mustla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 5(1), 18–24. https://doi.org/10.46870/jstain.v
Barella, Y. (2023). The Concept of Islamic Education During the Period of the Khulafaur Rasyidin A Comprehensive Approach in Forming Intellectual, Spiritual, and Moral Development. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.30596/16835
Daulay, H. P. (2012). Kapita Selekta?: Pendidikan ISlam di Indonesia. Perdana MUlya Sarana.
Fauzia, N., & Kholid, K. (2023). Pola Komunikasi Dakwah Pada Majelis Taklim. AdZikra?: Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam, 13(1), 77–90. https://doi.org/10.32678/adzikra.v13i1.6293
Fitriah, Hanny, & Kiki, R. Z. (2012). Manajemen dan Silabus Majelis Taklim. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta.
Hauser, A. (2012). Da’wah: Islamic Mission and its Current Implications. International Bulletin of Missionary Research, 36(4), 189–194. https://doi.org/10.1177/239693931203600405
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam?: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (Candra Wijaya (ed.); Nomor september 2016). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Islamy, M. R. F., Abdussalam, A., Budiyanti, N., & Parhan, M. (2021). Conceptual Reformulation of Ta’Lim As a Paradigm of Islamic Education Learning in Building Educational Interactions Through Rahmaniyyah Principles. Jurnal al-Fath, 15(1), 2021. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alfath/article/view/4542
Jamaluddin, D. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Rajawali Pers.
Kadir, R. (2016). Peran Majelis Ta’lim dalam pengembangan pendidikan Islam di Toraja Utara. In UIN Palopo. Institut Agama Islam negeri Palopo.
Mas’ud, M. (2020). Korelasi Pendidikan Agama Islam Dengan Majelis Taklim Dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Agama Dalam Bidang Pendidikan, Sosial Kemasyarakatan, Keagamaan dan Profesi. Badan Penerbit UNM. http://repository.iainpare.ac.id/3745/1/BUKU KORELASI.pdf
Mashuri, S. (2007). Transformasi Tradisi Keilmuan Dalam Islam: Melacak Akar Kemunculan Dan Perkembangan Institusi Pendidikan Islam. Jurnal Hunafa, 4(3), 227–236.
Meirison, Bukhari, Saharuddin, D., Muhammadi, Q., & Mistarija. (2024). the Role of Islamic Da’Wah and the Implementation of Sharia on the Existence of Muslims in the Maldives Islands Past and Present. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 24(1), 85–101. https://doi.org/10.22373/jiif.v24i1.18005
Munawaroh, & Zaman, B. (2020). Peran Majelis Taklim. Jurnal Penelitian, Vol. 14(No. 2), 369–392.
Nadlif, A., & Istiqomah. (2022). Ilmu Pendidikan Islam (M. T. Multazam & M. D. K. Wardana (ed.)). Umsida Press.
Nasir, B. M., Baharuddin, A. S., & Zain, N. M. (2019). The role of Islamic movements in enhancing Dawah work: The Malaysian experience. Kemanusiaan, 26, 131–149. https://doi.org/10.21315/kajh2019.26.s1.7
Nuraeni, H. A. (2020). Pengembangan Manajemen Majelis Taklim di DKI Jakarta (Nomor september 2016). Gaung Persada.
Pallathadka, H., Al-Hawary, S. I. S., Muda, I., Surahman, S. H., Al-Salami, A. A. A., & Nasimova, Z. (2023). The study of Islamic teachings in education: With an emphasis on behavioural gentleness. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1), 1–7. https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8368
Safei, A. A. (2016). Development of islamic society based on majelis ta’lim: A study of the shifting role of the majelis ta’lim in west java. American Journal of Applied Sciences, 13(9), 947–952. https://doi.org/10.3844/ajassp.2016.947.952
Samsudin, & Febrini, D. (2018). Strategi Dakwah Lembaga Keagamaan Islam. In W. Hadikusuma (Ed.), CV. Zigie Utama. CV Zigie Utama.
Sidiq, U., & Khoirulsalim. (2022). Manajemen Dakwah (Anwar Mujahidin (ed.)). Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Tulungagung.
Suriati, & Samsinar. (2021). Ilmu Dakwah. Akademia Pustaka.
Syukri, & Amin, S. M. (2019). Buku-Majlis Ta’lim Dan Keluarga Sakinah (Pengalaman Majlis Ta’lim Kota Medan). Bening Pustaka.
Tahir, M. (2022). Optimalisasi Manajemen Masjid pada Masjid Aisyah Islamic Center Al-Hunafa Lawata sebagai Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam. Palapa, 10(2), 416–428. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1903
Tajuddin, M. S., & Yeyeng, A. T. (2018). Majelis Taklim dan Isu-Isu Keagamaan Kontemporer di Sulawesi Selatan. PUSAKA ALMAIDA.
Waghid, Y. (2010). Islamic Education. Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory, 69–73. https://doi.org/10.1007/978-981-287-588-4_100551
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusawinur Barella
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.