KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mei Lani Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27211

Keywords:

Berpikir Kreatif, Menulis Puisi, Media Gambar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif menulis puisi dengan media gambar siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Putat Gede 1/94 Surabaya yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 51 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dan terpilih kelas V-B yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes menulis puisi. Kemampuan berpikir kreatif dalam menulis puisi dengan menggunakan media gambar dinilai dari empat indikator yaitu kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD dalam menulis puisi dengan menggunakan media gambar memperoleh rata-rata sebesar 95,23% sehingga termasuk dalam kategori “sangat kreatif”.

References

Amruddin, Priyanda, R., Ariantini, T. S. A. N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Wulandari, D. A. A. K. P. N. S., Putranto, P., Yuniati, I., Mujiani, I. U. S., & Wicaksono, D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Bukhari, B. (2021). Dampak Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas Iv Sd Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 9(1), 23–33.

Hasan, M., Binti Anisaul Khasanah, Mp., Ros Endah Happy Patriyani, Mp., Nahriana, Mk., Heny Trikusuma Hidayati, Mp., Zaifatur Ridha, Mp., Rita Umami, Mp., Rahmatullah, Mp., Nur Rahmah, M., Nurmitasari, Mp., Inanna, Mp., Masdiana, Mp. D., Mainuddin, M., Robia Astuti, Mp., DrTuti Khairani Harahap, Mp., & Triwik Sri Mulati, Ms. (2021). Pengambangan Media Pembelajaran.

Kaharuddin, N. (2021). Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Jurnal Konsepsi, 10(3), 263–268.

Lestari Wahyu Handayani, S., & SLBN Salatiga, S. (2019). Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas 1C SLBN Salatiga Dalam Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349–354. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Meirisia, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(8), 2809.

Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Media Gambar Pahlawan Nusantara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 56–64.

Mirnawati Mirnawati. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.

Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., Anggraeni, R. W., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di Sdn Muncul 1. EDISI?: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 225–242. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. All rights reserved, 5(1), 193–205.

Sunarsi, M. S. P. & D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Putri, M. L., & Azmy, B. . (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4577–4582. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27211

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.