INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS VI SD NAMIRA KRAKSAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26604Keywords:
Nilai Pancasila, PKN, Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang Pendidikan karakter siswa, dampak dalam pembentukan karakter siswa, faktor pendukung dan penghambat Pendidikan karakter siswa. Guru berperan penting dalam membangun karakter siswa di sekolah berdasarkan survei yang peneliti lakukan bahwa masih ada karakter siswa yang belum bisa dikatakan baik. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif metode Deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VI SD Namira yang berjumlah 19 siswa, sampel sumber data diambil menggunakan Triangulasi Data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKN yang dilaksanakan oleh guru kelas sudah memasukkan nilai-nilai karakter, faktor pendukungnya adanya hubungan baik antara guru dengan siswanya dan faktor penghambatnya tidak pahamnya siswa tentang karakter, kesadaran diri siswa masih rendah. Solusi yang bisa diberikan yaitu dengan cara mengarahkan dan memotivasi siswa agar terus melakukan hal-hal baik dan mengerti makna nilai Pancasila.References
Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.
Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.
Ilmu, J., & Vol, P. (2023). 1950-Article Text-13013-1-10-20230221. 3(1), 1–9.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Nurrosyid. (2013). Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budaya Sekolah Terhadap Karater Siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Karakteristik Siswa, 53(9), 19,20.21.22.23.24.
RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL?: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445
Seno, D. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS II SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG.
Soeprapto, S. (1995). Aktualisasai Nilai-Nilai Filsafat Pancasila Notonagoro. In Jurnal Filsafat Agustus ‘95 (pp. 30–37).
Wahyuningsih, S. E. (2014). Urgensi Pembaharuan Hukum Pidana Materiel Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. Jurnal Pembaharuan Hukum, I(1), 17–23. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/PH/article/view/1457
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miri Indah Ramadhani, Didit Yulian Kasdriyanto, Shofia Hattarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.