ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “BU, TIDAK ADA TEMAN MENANGIS MALAM INI” KARYA BOY CANDRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA GKPI PADANG BULAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26340Keywords:
Nilai-nilai pendidikan, Novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini, Bahan Ajar Sastra.Abstract
Penelitian ini berupaya mengungkap makna edukatif yang terdapat dalam novel “Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini” karya Boy Candra yang dirilis PT Gramedia Widiasarana Indonesia pada September 2023, dan kesesuaiannya sebagai sumber sastra pendidikan sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca, teknik mencatat, dan pendekatan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam situasi ini adalah peneliti dan wawancara. Peneliti berulang kali membaca dan menganalisis sumber data. Selanjutnya peneliti mewawancarai guru bahasa Indonesia SMA GKPI Padang Bulan dan membagikan hasil analisis data dengan menggunakan pendekatan informal. Temuan penelitian menunjukkan tiga macam nilai pendidikan berbeda yang terdapat dalam novel “Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini”. Prinsip pendidikan yang dipermasalahkan adalah nilai agama, moral, dan estetika. Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendidikan di kelas sastra sekolah menengah dan dapat diterapkan pada siswa di lingkungan sekolah.References
Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22.
Boy, Candra. (2023). Bu, Tidak Ada Teman Menangsi Malam Ini. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dewi, N. L. L. A., Putrayasa, I. B., & Nurjaya, I. G. (2014). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).
Fitriana, A. (2019). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Naura & Genk Juara (The Adventure Begins) Karya Veronica Widyastuti Untuk Membangun Literasi Kritis Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104-115.
Harefa, T. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Pada Senja Yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 155-161.
Nurhuda, T. A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 8(1), 10-18.
Prasasti, N. D., Haryanti, A. S., & Reje, S. K. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo dan Implikasinya terhadapa pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(8), 1038-1046.
Romy, A. (2023). Analisis Struktur dan Nilai-Nilai Estetika Dalam Novel Indonesia. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 40-50.
Sari, A. R., Usop, L. S., Lonarto, L., Peronika, N. W., & Fauzi, R. (2022, May). Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Aku Mencintainya Mama Karya Fredy S. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 1, No.1, pp. 46-59).
Setyorini, R., & Sandi, N. V. (2018). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari Dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 98-104.
Simangunsong, Y. I. R., Panggabean, S., & Bangun, K. (2022). Analisis Nilai-Nilai Estetika, Etika, dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan KH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477-16491.
Yenhariza, D., Nurizzati, N., & Ratna, E. (2012). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 167-174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amelia Simanungkalit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.