ANALISIS SELF-EFFICACY DAN SELF-CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 8 MEDAN

Authors

  • Lutemaria Hia Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hardi Tambunan Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26307

Keywords:

Self-Efficacy, Self-Confidence, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mencakup beberapa aspek. Pertama, adalah untuk menilai tingkat self-efficacy dan self-confidence siswa kelas X di SMA Negeri 8 Medan. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar matematika siswa di kelas tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mencoba mengetahui apakah terdapat pengaruh antara tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 8 Medan. Terakhir, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai apakah terdapat pengaruh antara tingkat self-confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan, yang terdiri dari delapan kelas, yaitu kelas X-1 sampai X-8, dengan jumlah total siswa sebanyak 279 orang. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel berdasarkan Nomogram Harry King, jumlah siswa yang diambil sebagai sampel adalah sebanyak 183 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy siswa berada pada kategori sedang, dengan 11% berada dalam kategori rendah, 71,9% dalam kategori sedang, dan 17,1% dalam kategori tinggi. Sementara itu, tingkat self-confidence siswa juga berada pada kategori sedang, dengan 17,8% berada dalam kategori rendah, 65,1% dalam kategori sedang, dan 17,1% dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa secara umum termasuk dalam kategori sedang, dengan 7,5% dalam kategori sangat rendah, 14,4% dalam kategori rendah, 76% dalam kategori sedang, dan 2,1% dalam kategori tinggi.

References

Andini, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957–964. URL: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1651.

Barlian, U. C., dkk. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. Diakses pada tanggal 09 Juli 2023. URL: https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015

Darmadi, H. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabet.

Dewi, P.S.I.Y., Kurnia, N., &Wahidaturrahmi. (2021). Pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 1(2): 122-131. URL: https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/41/30

Erayani, F. N., Sridana N., Arjudin, Baidowi. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,7(3c): 1875-1884. URL: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845

Hartini dan Pramestyani W.H. (2023). Korelasi Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. CENDEKIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 11(2), 301-314. Diakses September 2023. URL: https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/294/233

Kadir. (2015). Statistika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Peneltian). Jakarta: Rajawali Pers.

Mawaddah, H. (2019). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2): 19–26. URL: https://ojs.unimal.ac.id/jpt/article/view/3633

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023. URL: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/7

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabet.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabet.

Tim penyusun (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Diakses pada tanggal 1 November 2023, URL: https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_Sistem_Pendidikan_Nasion al.pdf

Zalukhu, Atalisi, Mey Trisnawati Hulu, Kardelius Giawa, Sondang Manik, and Lastri Wahyuni Manurung. 2023. “Improving The Students’ Speaking Ability In Giving Suggestions And Advice By The Use Of "Whip Around&Quot; Strategy In The Second Grade Of SMA Negeri 8 Medan”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5 (4):423-30. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17638.

TIMSS. (2016). Assessment Frameworks. Chestnut Hill MA: TIMSS & PIRLS Internasional Study Center, Boston Collage.

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Hia , L. ., & Tambunan , H. (2024). ANALISIS SELF-EFFICACY DAN SELF-CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 8 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3461–3465. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26307