PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SISWA KELAS X SMK N 1 SUMATERA BARAT

Authors

  • Lika Jafnihirda Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rahmatul Husna Arsyah Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Triani Febrianti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.25937

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Praktikalitas, ADDIE Model, Android Studio.

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna untuk menggetahui sejauh mana media yang telah dikembangkan praktis digunakan bagi siswa kelas X di SMK N 1 Sumatera Barat pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Media pembelajaran berbasis augmented reality dikembangkan menggunakan android studio. Media pembelajaran ini dirancang dengan tujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar bagi guru dan memfasilitasi siswa dalam memahami materi Seni Budaya pada kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian untuk diuji cobakan praktikalitas penggunaan medianya pada 32 siswa kelas X di SMK N 1 Sumatera Barat. Hasil uji praktikalitas sebesar 88.40%, yang diinterpretasikan bahwa media pembelajaran augmented reality praktis digunakan sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

References

Ally, M. (2009). Mobile Learning: transforming the delivery of education and training. Quebec: AU Press.

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Branch, R. M. (2018). Instructional Design: The ADDIE Approach (2nd ed.). Springer.

Crompton, H. (2013). A historical overview of mobile learning: Toward learnercentered education. In Z. L. Berge & L. Y. Muilenburg (Eds.), Handbook of mobile learning (pp. 3–14). Florence, KY: Routledge.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.

Feby Zulham Adami dan Cahyani Budihartanti. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Teknik Komputer AMIK BSI.

Gagne, R.M. (1975). Essentials of Learning for Instruction. New York Expanded Edition, Holt, Rinehart and Winston.

Jafnihirda, L., Irfan, D., Simatupang, W., & Muskhir, M. (2022). Perancangan Modul Interaktif Project Based Learning (PjBL) berbasis Flipbook. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 76-81.

Jafnihirda, L., Suparmi, S., Ambiyar, A., Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227-239.

Kasman, Akhmad dharma. 2016. Aplikasi Sistem Android. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kamarainen, A., Reilly, J., Metcalf, S., Grotzer, T., & Dede, C. (2018). Using mobile location-based augmented reality to support outdoor learning in undergraduate ecology and environmental science courses. Bulletin of the Ecological Society of America, 99(2), 259-276. https://doi.org/10.1002/bes2.1396.

Kirschner, P. A. and De Bruyckere, P. (2017) ‘The myths of the digital native and the multitasker’, Teaching and Teacher Education https://doi.org/0.1016/j.tate.2017.06.001

Kukulska-Hulme, A., & Traxler, J. (2017). Mobile Learning. In J. Traxler & A. Kukulska-Hulme (Eds.), Mobile Learning: A Handbook for Educators and Trainers. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203003428.

Makarchuk, T. (2017). Mobile Learning on The basis of the Cloud. International Conference E-Learnng, 175–178.

Menrisal, M., & Wijaya, I. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Perangkat Komputer Berbasis Augmented Reality (AR).

Morrison, G. R., Ross, S. M., Kalman, H. K., & Kemp, J. E. (2019). Designing Effective Instruction (8th ed.). John Wiley & Sons.

Pratomo, A. , & I. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. POSITIF, I(1).

Pimmer, Christoph., and Pachler, Norbert. Mobile Learning in the Workplace: Unlocking the Value of Mobile Technology for Work-Bases Education. In Ally, M., And Tsinakos, A. (2013). Mobile Learning Development for Flexible Learning. Athabasca University.

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2018). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Pearson.

Ruta, M. (2016). “A Knowledge-Based Framework for E-Learning in Heterogeneous Pervasive Environments”. Multiplatform E-Learning Systems and Technologies: Mobile Devices for Ubiquitous ICT-Based Education, chapter2, hlm. 21-41.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2019). Instructional Design (4th ed.). John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Jafnihirda, L. ., Arsyah, R. H. ., & Febrianti, T. . (2023). PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SISWA KELAS X SMK N 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1161–1168. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.25937