PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENGAJARAN BAHASA BERBASIS TUGAS DIKELAS VII A SMP NEGERI 1 RAMBAH SAMO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Sri Wanita Smp Negeri 1 Rambah Samo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25834

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keahlian menulis siswa SMPN 1 Rambah Samo yang terdapat dalam keahlian menulis dan untuk mengetahui sejauh mana pendekatan mengajar bahasa berdasarkan tugas dapat membantu proses belajar siswa. Penulis mencoba untuk membuktikan bahwa pendekatan mengajar bahasa berdasarkan tugas dapat menjadi salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatakan keahlian menulis siswa. Dalam penelitian ini, penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas VII SMPN 1 Rambah Samo. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes (pre-test, post test 1 and post test 2), observasi dan dokumentasi. Tujuan test tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini bekerjasama dengan guru Bahasa Inggris SMPN 1 Rambah Samo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan mengajar bahasa berdasarkan tugas memiliki peran positif dalam meningkatkan keahlian menulis siswa kelas VII SMPN 1 Rambah Samo. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata mereka mulai dari pre-test menuju post-test. Nilai rata- rata siswa pada saat pre test adalah 5.26, dan post test 68.42 menjadi 84.21. Ini berarti penerapan pendekatan mengajar bahasa berdasarkan tugas dapat meningkatkan keahlian menulis siswa.

References

Al-Hikmah, I. C., Netriwati, N., Widyastuti, R., & Jamilah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project dengan Think Talk Write Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1922–1934. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1175

Amrullah, L. H. (2020). Meningkatkan Partisipasi Membaca Dan Menulis Descriptive Siswa Kelas X Ms3 Sman 1 Narmada Dengan Penerapan Model Circ. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 537–544. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1261

Aprilia, B., P, D. R. A., Widyaningsih, L., & Apriyanti, C. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mengembangkan Ide pada Basic Writing. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1–5. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.1

Badu, H., Ali, S. W., & Kau, M. E. walidayni. (2020). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Inggris Berbasis English for Spesific Purposes pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 6(4), 309. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.308

Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Halimatuzzuhrotulani, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Diskusi Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 2 Suralaga 2019/2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65–85. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.286

Indriyastuti, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Letter of Opinion ( Surat Opini ) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Fantastic Card di Kelas XI. 9(1), 26–45.

Manik, R., & Siregar, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (pbm) Terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas x sma swasta melati binjai tahun. 17(1), 42–56.

Pat, N., Wang, Y., Bartonicek, A., Candia, J., & Stringaris, A. (2023). Explainable machine learning approach to predict and explain the relationship between task-based fMRI and individual differences in cognition. Cerebral Cortex, 33(6), 2682–2703. https://doi.org/10.1093/cercor/bhac235

Qasim, A. Y. (2021). A Study of the Factors Affecting the Learning of English Speaking Skills. Academic Journal of Nawroz University, 10(1), 193. https://doi.org/10.25007/ajnu.v10n1a1078

Ratnawati, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembuatan Strip Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481–495.

Rosnaningsih, A., Ane, P., & HAJ, A. (2020). Pengaruh Strategi Pre-Write, Organize, Write, Edit, Revise Dan Share (Powers) Dalam Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sdit Baiturrachman. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 75–85.

Saprilan, D. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta didik Kelas VII-4 Semester Satu Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan Menerapkan Model Lightening The Learning Climate (Menghidupkan suasana belajar) di SMP Negeri 4 Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 86–94.

Saprina, Helda, T., & Fitri, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 2 Pulau Punjung. ALINEA?: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 98–104.

Verma, E., Motupalli, V., & Chakraborty, S. (2020). Transformers at SemEval-2020 Task 11: Propaganda Span Identification using Diversified BERT Architectures based Ensemble Learning. 14th International Workshops on Semantic Evaluation, SemEval 2020 - Co-Located 28th International Conference on Computational Linguistics, COLING 2020, Proceedings, 1823–1828.

Vidianto, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text Dengan Menggunakan Media Games Adjective Word Order Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas X Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1), 147–159.

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “English Communicative” Guna Mempersiapkan SDM Berkualitas dan “Competitive.” Intervensi

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Wanita, S. . (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENGAJARAN BAHASA BERBASIS TUGAS DIKELAS VII A SMP NEGERI 1 RAMBAH SAMO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2568–2577. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25834