KUALITAS PENGAJARAN DOSEN PRAKTISI PADA PROGRAM PRAKTISI MENGAJAR DI JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN FIP UNM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25796Keywords:
Kualitas Pengajaran Dosen, Praktisi Mengajar.Abstract
Menjadi seorang dosen di perguruan tinggi membutuhkan keterampilan khusus untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang dihadapi, sehingga kualitas pengajaran dosen sangat menentukan keberhasilan program pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pengajaran dosen praktisi yang merupakan program praktisi mengajar (PPM). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 423 mahasiswa dengan sampel sebanyak 205 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengajaran dosen pada program praktisi mengajar yang diukur dari dimensi penguasaan materi, keterampilan mengajar, keterampilan komunikasi, dan keterampilan memotivasi menunjukkan secara umum kualitas pengajaran dosen praktisi berada pada kategori baik, hanya dimensi keterampilan mengajar yang berada pada kategori sedang.References
Agustina, M.T., Kurniawan, D.A., 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual 5, 348252.
Alam, Y., 2018. Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 16, 23–30.
Gamaliel, W., 2023. Buku Panduan Program Praktisi Mengajar, 1. Program Praktisi Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Jakarta.
Gulo, E., 2022. Inovasi IPTEK dan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi yang Modern, Kompeten, dan Berintegritas (Science and Technology Innovation and the Quality of Modern, Competent, and Integrity Higher Education), in: Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang. p. 2021.
Haryati, T., 2018. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen UPGRIS Melalui Pekerti dan Aplied Aproach (AA), in: Seminar Nasional Keindonesiaan III.
Jamaluddin, J., Andi, H., 2022. Keterampilan Mengajar. CV Pena Persada.
Nurhaida, I., Windah, A., Yudha, A.N., 2023. Transformasi Paradigma Pembelajaran: Kolaborasi dan Partisipasi Aktif Melalui Sosialisasi Program Praktisi Mengajar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7, 1315–1325.
Rahman, A., Zebua, W.D.A., Satispi, E., Hidayah, T.N., Aini, Z., 2023. Evaluasi Kebijakan Kampus Merdeka Program Praktisi Pengajar. Jurnal Kebijakan Publik 14, 515–523.
Simanjuntak, B., 2019. Hubungan kemampuan berkomunikasi dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Quality Medan. Jurnal Curere 2.
Sujarweni, V.W., 2014. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Sulaiman, S., Warul, W., Muhammad, Y., 2020. Kompetensi Pedagogik Dosen dan Strategi Pengembangan Minat Belajar Mahasiswa. Ar-Raniry Press.
Widjanarko, W., Sumarmono, J., Rahayu, A.Y., 2023. Pengelolaan Program Praktisi Mengajar Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas, in: Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan (SNKP). pp. 84–88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sumarlin Mus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




