PENGARUH PENGGUNAAN METODE MUROTTAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA PONDOK PESANTREN SYARIF AR-RASYID
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25666Keywords:
Metode Murottal, Hasil Belajar, Al-QuranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Penggunaan Metode Murottal di Pondok Pesantren Syarif Ar-Rasyid, 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah diterapkannya metode murottal pada siswa kelas XI Pondok Pesantren Syarif Ar-Rasyid, 3) Pengaruh Penggunaan Membaca Al-Qur’an Pada siswa kelas XI Pondok Pesantren Syarif Ar-Rasyid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran murottal dijabarkan sebagai berikut: Mempersiapkan ayat Al-Qur’an yang akan dipelajari, Memperkenalkan ayat Al-Qur’an itu pada peserta didik dan membacanya dengan tartil, Kemudian guru memberikan poin-poin yang menarik untuk di diskusikan, Guru membagikan atau menuliskan ayat Al-Qur’an kepada peserta didik yang sesuai dengan pelajara, Guru memanggil beberapa siswa untuk membaca bagian-bagian ayat Al-Qur’an yang berbeda-beda, Ketika bacaan sedang berlangsung guru memerintahkan kepada peserta didik untuk berhenti pada beberapa tempat untuk menekankan arti penting poin-poin/ potongan-potongan ayat tersebut dan guru mengakhiri proses dengan bertanya kepada siswa apa yang ada dalam ayat Al-Qur’an 2) Rata-rata Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lokal kontrol eksperimen pada tes awal: 60,3, Rata-rata Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkan metode murottal adalah 65,5, sedangkan setelah diterapkan diperoleh rata-rata sebesar 85,1. 3) Hasil penelitian menunjukkan t? lebih kecil dari t_t maka hipótesis nol (H?) diterima, yang berarti Dengaan t? = 8,976 berarti lebih besar dari t_t pada taraf signiffikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,05 <8,976> 2,76. Dengan demikian berarti H? di tolak atau ada pengaruh positif metode murottal terhadap kemampuan membaca Al QuranReferences
Fanka, Y., Lubis, M. S. A., & Matondang, A. R. (2022). Strategi Pendidik Dalam Membentuk Nilai Karakter Peserta Didik Pada Mts Al Washliyah Tanjung Morawa. Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 51-61
Hidayat, H. Dkk (2022). Media Husada Journal Of Nursing Science. Vol 3 (No.3): 236-244
Matondang, A. R. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Budaya Mandailing Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(1), 26-34.
Matondang, A. R., Damayanti, A., Widiartika, S. A., Handayani, A., & Syahputri, H. (2022). Perbandingan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Saku Bilangan Di Kabupaten Serdang Bedagai. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 180-185
Nirmalasari, Susanti Dan Siregar Nur Asiyah, (2022), Stimulasi Peningkatan Nilai Agama Dan Akhlak Pada Anak Usia Dini, Hibrul Ulama : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(2).
Prasetyo, R., Matondang, A. R., Trikusuma, S., & Sani, A. (2023). Kebangkitan Ijtihad Di Zaman Modern: Analisis Kontribusi Muhammad Abduh Dalam Pembaharuan Hukum Islam. Hikmah, 20(1), 147-160.
Ramayulis, (2017). Metodologi Pengajaran Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Tanjung, I. W., Lubis, M. S. A., & Matondang, A. R. (2023). Kolaborasi Penyuluh Agama Islam Dan Masyarakat Dalam Mengentaskan Buta Aksara Alquran Di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara. Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 379-391.
Tanjung, Y. T., Tanjung, A. N. N., & Matondang, A. R. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 350-361.
Tanjung, Y. T., Tanjung, A. N. N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemahama Konsep Matematik Dan Self-Efficacy Siswa Antara Siswa Yang Diberi Model Pembelajaran Pbl Dengan Inquiry. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4) 3990-3996.
Warista Bambang. (2018). Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya, Jakarta: Khazanah Media Ilmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darwis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.