PENGARUH PENGGUNAAN METODE MUROTTAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA PONDOK PESANTREN SYARIF AR-RASYID

Authors

  • Darwis Darwis Universitas Al Washliyah Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Al Washliyah Medan
  • Susanti Nirmalasari Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25666

Keywords:

Metode Murottal, Hasil Belajar, Al-Quran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Penggunaan Metode Murottal di Pondok Pesantren Syarif Ar-Rasyid, 2) Kemampuan  membaca  Al-Qur’an  sebelum  dan  sesudah  diterapkannya  metode  murottal  pada  siswa  kelas XI  Pondok Pesantren Syarif Ar-Rasyid, 3) Pengaruh  Penggunaan   Membaca  Al-Qur’an  Pada  siswa  kelas XI  Pondok Pesantren Syarif Ar-Rasyid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran murottal dijabarkan sebagai berikut: Mempersiapkan  ayat  Al-Qur’an  yang  akan  dipelajari,  Memperkenalkan  ayat  Al-Qur’an  itu  pada  peserta  didik  dan  membacanya  dengan  tartil, Kemudian  guru  memberikan  poin-poin  yang  menarik  untuk  di diskusikan, Guru  membagikan  atau  menuliskan  ayat  Al-Qur’an  kepada  peserta  didik  yang  sesuai  dengan  pelajara, Guru  memanggil  beberapa  siswa untuk  membaca  bagian-bagian  ayat  Al-Qur’an  yang  berbeda-beda, Ketika  bacaan  sedang  berlangsung  guru  memerintahkan  kepada  peserta  didik  untuk  berhenti  pada  beberapa  tempat  untuk  menekankan  arti  penting  poin-poin/  potongan-potongan  ayat  tersebut dan guru  mengakhiri  proses  dengan  bertanya  kepada  siswa  apa  yang   ada  dalam  ayat  Al-Qur’an 2) Rata-rata Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lokal kontrol eksperimen pada tes awal: 60,3, Rata-rata Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkan metode murottal adalah 65,5, sedangkan setelah diterapkan diperoleh rata-rata sebesar  85,1. 3) Hasil penelitian menunjukkan t? lebih kecil dari t_t maka hipótesis nol (H?) diterima, yang berarti Dengaan t? = 8,976 berarti lebih besar dari t_t pada taraf signiffikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,05 <8,976> 2,76. Dengan demikian berarti H? di tolak atau ada pengaruh positif metode murottal terhadap kemampuan membaca Al Quran

References

Fanka, Y., Lubis, M. S. A., & Matondang, A. R. (2022). Strategi Pendidik Dalam Membentuk Nilai Karakter Peserta Didik Pada Mts Al Washliyah Tanjung Morawa. Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 51-61

Hidayat, H. Dkk (2022). Media Husada Journal Of Nursing Science. Vol 3 (No.3): 236-244

Matondang, A. R. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Budaya Mandailing Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(1), 26-34.

Matondang, A. R., Damayanti, A., Widiartika, S. A., Handayani, A., & Syahputri, H. (2022). Perbandingan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Saku Bilangan Di Kabupaten Serdang Bedagai. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 180-185

Nirmalasari, Susanti Dan Siregar Nur Asiyah, (2022), Stimulasi Peningkatan Nilai Agama Dan Akhlak Pada Anak Usia Dini, Hibrul Ulama : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(2).

Prasetyo, R., Matondang, A. R., Trikusuma, S., & Sani, A. (2023). Kebangkitan Ijtihad Di Zaman Modern: Analisis Kontribusi Muhammad Abduh Dalam Pembaharuan Hukum Islam. Hikmah, 20(1), 147-160.

Ramayulis, (2017). Metodologi Pengajaran Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Tanjung, I. W., Lubis, M. S. A., & Matondang, A. R. (2023). Kolaborasi Penyuluh Agama Islam Dan Masyarakat Dalam Mengentaskan Buta Aksara Alquran Di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara. Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 379-391.

Tanjung, Y. T., Tanjung, A. N. N., & Matondang, A. R. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 350-361.

Tanjung, Y. T., Tanjung, A. N. N. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemahama Konsep Matematik Dan Self-Efficacy Siswa Antara Siswa Yang Diberi Model Pembelajaran Pbl Dengan Inquiry. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4) 3990-3996.

Warista Bambang. (2018). Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya, Jakarta: Khazanah Media Ilmu

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Darwis, D., Irwansyah, I., & Nirmalasari, S. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN METODE MUROTTAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA PONDOK PESANTREN SYARIF AR-RASYID . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2116–2121. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25666