PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TTS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMAS KATOLIK ST. JOHN PAUL II MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25662Keywords:
Motivasi, Teka Teki Silang, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media teka-teki silang terhadap hasil belajar biologi materi sistem gerak pada peserta didik kelas XI SMAS Katolik St. John Paul II Maumere. Populasi seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAS Katolik St. John Paul II Maumere yang berjumlah 40 siswa dari 2 kelas dengan rincian 20 peserta didik di kelas eksperimen dan 20 peserta didik di kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara langsung. Hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen mennjukan adanya peningkatan. Dimana nilai pretes dan postes pada pada kelas kontol adalah 42,9 dan 62,3 sedangkan pada kelas ekperimen adalah 66,2 dan 94,05. Oleh karena itu, terjadi peningkatan nilai postes pada kelas kontol dan kelas eksperimen sebanyak 31,75. Dan motivasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang denan nilai 58,92%.References
Afriska, A. E. (2015). Pengaruh minat dan motivasi siswa terhadap keputusan memilih program lintas Minat ekonomi SMAN I Binangun kabupaten Cilacap. UNiverstias Negeri Semarang.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Agustina, L., & Hamdu, G. (2011). Pengaruh motivasi belaajr siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012.
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Refisi.
Jakarta?: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta?: Raja Grafindo Persada.
Aryani, Y. W. D. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009`. Universitas Negeri Semarang, 140.
Astuti, H. (2018). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret SurakartA. 85.
Biggs,J.,B.,&Telfer.(2016).Theprocessoflearning.NewcastlePrenticeHall.Clayton
, A. (2004). An empirical test Of a New Theory of Human Needs; organizational Behaviour and Human perfomance. 4(2), 142–175.
Djaali, & muljono, pudji. (2007). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta?: Grasindo.
Djamarah. (2016). Strategi belajar mengajar. Jakarta?: Rineka Cipta.
Fauziqurahman, R. (2017). Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Januari 2017. 233.
Hake, R. R. (1998). interaktif- engagement versus traditional methods: A six- thousandstudent survey of mecanic test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 66–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hastuti, S. (2014). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Penerapan Pendekatan Kontektual Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 1(3), 573–582.
Irma, A. (2020). Diajukan Guna Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat- syarat Guna Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Program Studi Pendidikan Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 66.
Iskandar, A. (2012). Panduan penelitian Tindakan kelas bagi Guru. Jakarta?: Bestari Buana Murni.
Januari, S. T., & Suprayitno. (2014). Penggunaan Media Games Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD 01, 1, 1882–1891.
Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2).
Maghfiroh, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Permainan Monopoli Pada Materi Sistem Ekskresi Sebagai Media Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 11 Semarang Skripsi. Uin Walisongo Semarang, 313.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yohanes Boli Tematan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




