IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KRISTIANI PADA ANAK USIA DINI: PERSPEKTIF, METODE, DAN TANTANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25607Keywords:
Pancasila, Moral, Demokrasi.Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan mengenai implementasi Pendidikan karakter kristiani pada anak usia dini mulai dari perspektif, metode dan tantangan yang dihadapi. Metode penelitian menggunqakan pendekatan kajian kualitatif atau pendekatan secara deskriptif dimana dasar bahannya diperoleh dari hasil studi literature pada sumber buku, jurnal, dan artikel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini tidak dapat dipandang remeh. Hal ini memainkan peran krusial dalam membentuk individu yang memiliki karakter yang baik, moral, dan spiritual, yang merupakan dasar bagi perkembangan pribadi, sosial, dan moral mereka di masa depan. Dengan memberikan perhatian yang tepat pada pendidikan karakter pada tahap ini, kita dapat membantu menciptakan generasi yang lebih baik dan masyarakat yang lebih beradab di masa depanReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk PGSD. Bandung: Upi Press,.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., and Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437-5446. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2979
Darmalaksana. (2020). Menulis Artikel Cepat Meskipun Tidak Suka Menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum.
Gunawan. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadri, R. A. (2016). Pendidikan Karakter-Mengembangkan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80. Available at: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Hasan, M., Sulman, Holle, M. A., Herman, Batubara, A. K. S., and Anto, R. P., (2022). Pendidikan karakter anak usia dini. Surakarta: Tahta Media Group. ISBN: 978-623-5981-57-4
Herman, H., Silalahi, D. E., and Sinaga, Y. K. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267-272, DOI: 10.47679/ib.2023408
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi: Media Kajian Bimbingan Konseling, 2(1), 60-76. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, Sulistyani, and Herman. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992-5002. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2951/
Ratnasari, D. A. (2018). Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMAIT Baitussalam. Sebuah Tesis. Yogyakarta: Prambanan Yogyakarta Program Pascasarjana.
Saifudin, A. (2010). Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Ed.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suyanto. (2015). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenada Media.
Wijayanto, P. W., Priyatiningsih, N., Herman, H., Sudadi, S., and Saputra, N. (2023). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Early Childhood Abilities in Creative Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1017-1023. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3909
Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., and Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXIII, No. 2. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Saryati Panggabean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.