PENTINGNYA PENGETAHUAN PANCASILA DALAM KAJIAN SEJARAH BANGSA INDONESIA BAGI MASYARAKAT DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36796Keywords:
Pengetahuan ; Pancasila ; Kajian ; Sejarah ; BangsaAbstract
Penelitian ini mengkaji perkembangan sejarah Pancasila dalam konteks sejarah bangsa Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian sejarah dan analisis, studi ini menelusuri evolusi Pancasila dari konsepsi awal hingga perannya sebagai dasar negara indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pancasila merupakan nilai-nilai yang telah mengakar dalam budaya Nusantara, dirumuskan melalui para pendiri bangsa. Sejak era kemerdekaan hingga reformasi, mencerminkan perubahan lanskap politik dan sosial Indonesia. Meski menghadapi berbagai tantangan, Pancasila tetap menjadi pemersatu bangsa yang beragam. Studi ini menyoroti pentingnya pemahaman historis Pancasila. Analisis juga mengungkapkan bagaimana Pancasila telah berperan dalam membentuk kebijakan nasional dan menjaga keseimbangan antara tradisi dan modernitas. Penelitian ini berfokus pada sebuah studi perkembangan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, mulai dari masa pra-kemerdekaan hingga periode reformasi. Dalam mengumpulkan data yang relevan, digunakan metode sejarah dengan pendekatan kualitatif Lebih lanjut. Kesimpulannya, kajian sejarah Pancasila memberi fondasi penting bagi upaya menjaga integritas dan identitas nasional negara Indonesia di tengah arus globalisasiReferences
Djoened, M. P. (2008). Sejarah Nasional Indonesia Jilid 6 Zaman Jepang & Zaman Republik.pdf.
Latif, Y. (2011). Negara Paripurna.pdf. GRAMEDIA. https://books.google.co.id/books?id=0NBtWmlj1soC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Taufiqurrahman. (2018). Pendidikan Pancasila.
Halking. (2024). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi (PanduanPembelajaran Mata Kuliah). Medan: Unimed Publisher
Kaelan, H. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Abdillah, L. A., Hs, S., Muniarty, P., Nanda, I., Retnandari, S. D., Wulandari, W., Prasetyo, A. H., Sinambela, S., Mansur, M., Aulia, T. Z., & Others. (2021). Metode Penelitian Dan Analisis Data Comprehensive. Penerbit Insania. Https://Books.Google.Co.Id/Books? Id=Dsy5eaaaqbaj
Assingkily, M. S., Fauzi, M. R., Hardiyati, M., & Saktiani, S. (N.D.). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang Mi/Sd (Dari Konvensional Menuju Kontekstual Yang Fungsional). Penerbit K-Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Sky6eaaaqbaj
Borashkyzy, A. U., Amina, A., Eshtayevna, S. Z., Userkhanovna, K. K., Myktybaevna, D. D., & Issaevna, B. A. (2020). The Evaluation Of Primary School Teacher Role On Research Activities. International Journal Of Cognitive Research In Science, Engineering And Education, 8(3), 29–38. Https://Doi.Org/10.23947/2334-8496-2020-8-3-29-38
Cecep Kustandi, M. P., & Dr. Daddy Darmawan, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Prenada Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books? Id=Cctydwaaqbaj
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Martino Bijeloys Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.