DAMPAK VIDEO #RACUNTIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN

Authors

  • Priyono Sadjijo UPN Veteran Jakarta
  • Garcia Krisnando Nathanael UPN Veteran Jakarta
  • Habibah Sulhaeni Adzkya UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25424

Keywords:

Keputusan Pembelian, Produk Kecantikan, Terpaan Video, Tiktok

Abstract

Masalah serius dapat timbul akibat dari banyak produk kecantikan yang tersebar di pasaran belum memiliki label BPOM, sebab terdapat informasi yang tidak konsisten dengan kandungan produk yang ditawarkan. Adanya ketidaksesuaian dan tidak konsisten antara fakta Ingredients dalam produk kecantikan yang ada dalam tayangan video #Racuntiktok yang dilihat penonton. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh terpaan tayangan video #Racuntiktok terhadap keputusan pembelian pada produk kecantikan, dengan teori Elaboration Likelihood Model. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan kuesioner melalui Google Form kepada 100 responden dengan perhitungan populasi berdasarkan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan non probability sampling, lalu data diolah dengan uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Terpaan Tayangan Video dengan #Racuntiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kecantikan. Nilai koefisien determinasi yang didapat menunjukan bahwa terdapat pengaruh sebesar 80,1% dari terpaan tayangan video #Racuntiktok terhadap keputusan pembelian pada produk kecantikan. Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung 19.945 > t tabel 1.984 yang mengandung arti Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y terdapat pengaruh yang signifikan.

References

Annur, C. .. 2022. “Pengguna Aktif Bulanan TikTok Tembus 1,5 Miliar Pada Kuartal III 2022. Databoks Kata Data.” Retrieved (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/30/pengguna-aktif-bulanan-tiktok-tembus-15-miliar-pada-kuartal-iii-2022).

Faulina, M. 2019. “Pengaruh Terpaan Tayangan Tutorial Review Make - up Di Youtube Terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Riau.” Jom FISIP 6(1):1–15.

Jannah, A. .. 2021. “Pengaruh Tayangan Tiktok @Hundji Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Followers Tiktok @Hundji.”

Kelly, T. P. M. .. 2020. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Konten #racunintiktok Terhadap Keputusan Membeli Di Era Pandemi Covid-19.” Angewandte Chemie International Edition 6(11):951–952, 19.

Manurung, R. S. M., Dharta, F. Y., & Lubis, F. M. 2022. “Pengaruh Tayangan Konten Racun Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Di Komunitas Prefix.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 16(10):7639–7646.

Satria, R., Suharyono, S., & Alfisyahr, R. 2017. “Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Vans Indonesia Yang Menggunakan Sepatu Merek Vans).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 50(2):210–216.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD. Alfabeta.

Wibawa, N. I., Basuni, A., & Aeni, N. 2022. “Pengaruh Terpaan Konten Video #Racunshopee Di Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif.” JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal 4(1).

Widiastuti, T. W. 2017. “Analisis Elaboration Likelihood Model Dalam Pembentukan Personal Branding Di Twitter.” Jurnal ASPIKOM 3(3):588. doi: https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.107.

Zayyan, S., &.Saino. 2021. “The Effect of Using the Tik Tok Application as a Promotional Medium and The Glow Up Trend on Interest in Buying Beauty Products.” Jurnal Manajemen 13(2):282–291.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Sadjijo, P. ., Nathanael, G. K. ., & Adzkya, H. S. . (2024). DAMPAK VIDEO #RACUNTIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1711–1726. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25424

Most read articles by the same author(s)