PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENALAR MAHASISWA INSTITUT PENDIDIKAN NUSANTARA GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25182Keywords:
Kemampuan Menalar Mahasiswa; Problem Based LearningAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah didapatkan peningkatan kemampuan menalar mahasiswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas A dan B Program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pendidikan Nusantara Global. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan menalar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan IPA. Hasil penelitian terlihat hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan menalar mahasiswa dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka rata-rata kemampuan menalar mahasiswa dengan menggunakan model PBL lebih besar dari pada nilai rata-rata kemampuan menalar mahasiswa dengan menggunakan pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran dengan model PBL peningkatan kemampuan menalar mahasiswa secara signifikan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diterapkan saat pembelajarannya menggunakan pembelajaran langsung.References
Akçay, B. (2009). Problem-based learning in science education. Journal of Turkish Science Education, 6(1), 26–36.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1. 761.
Fitriyah, S. (2017). The Effectiveness of Problem Based Learning Pop Up Book to the Mathematic Students Ability on Problem Solving Class VIII. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 1(1), 47–58.
Prayunisa, F., & Rasyidi, M. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMAN 2 Selong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 595-601. https://doi.org/10.5281/zenodo.4297695
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini,
P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1) 1–10.
https://doi.org/10.15294/kreano.v1 0i2.19671.
Manasikana, O., Hayati, N., Af'idah, N., & Rasyidi, M. (2023). Implementation of Project-Based Learning: Utilizing Natural Rocks as Waste Absorbents. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(2), 139-148. doi:https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i2.7423
Mulia Rasyidi, Muhammad Sarjan, Agus Muliadi, Asrorul Azizi, Hamidi Hamidi, Iswari Fauzi, Muhammad Yamin, Muh. Zaini Hasanul Muttaqin, Bakhtiar Ardiansyah, Rindu Rahmatiah, Sudirman Sudirman and Yusran Khery 2022. Pembelajaran Ipa Bervisi Sets Untuk Pembangunan Berkelanjutan Dalam Tinjauan Filsafat. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora. 2, 3 (Sep. 2022), 182–187. DOI:https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.588.
Mulia Rasyidi (2022) “Pendidikan Karakter Pada Materi Perkuliahan Sikap Ilmiah Untuk Mahasiswa Pendidikan Ipa Institut Pendidikan Nusantara Global”, GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(3), pp. 01–08. doi: 10.56910/gemilang.v1i3.74
Muttaqin, M. Z., Sarjan, M., Rokhmat, J., Muliadi, A., Azizi, A., Ardiansyah, B., Hamidi, H., Pauzi, I., Yamin, M., Rasyidi, M., Rahmatiah, R., Sudirman, S., & Khery, Y. (2022). Pemahaman Nature of Science (Hakekat IPA) Bagi Guru IPA: Solusi Membelajarkan IPA Multidimensi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 8-15. https://doi.org/10.5281/zenodo.7272704
Raimi, S. M., & Adeoye, F. A. (2012). Problem Based Learning Strategy and Quantitative Ability in College of Education Students’s Learning of Integrated Science. Ilorin Journal of Education, 1–11
Rasyidi, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sets Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.55681/nusra.v1i2.139.
Rasyidi, M. . (2021). Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19 Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Institut Pendidikan Nusantara Global. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.72.
Mulia Rasyidi. (2021). Penerapan Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Materi Perubahan Wujud Zat Di Mts. Qudwatun Hasanah. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 20-24. https://doi.org/10.51903/education.v1i3.104
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa
.v5i2.270
Sumardiana, S., & Rasyidi, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Hukum Achimedes . NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.55681/nusra.v2i1.65
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.
https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1 600
Zarita, S. S., Halim, A., & Syukri, M. (2015). Dampak Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Sainsifik Terhadap Berpikir Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 96–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mulia Rasyidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.