PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24886Keywords:
Penguatan, Pendidikan Karakter, DaringAbstract
Kondisi pandemi covid 19 mengakibatkan perubahan tatanan kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan berdampak pada sistem pembelajaran di sekolah menjadi daring. Sistem pembelajaran daring hadir dengan berbagai permasalah yang mempengaruhi sikap dan perilaku kearah pelemahan karakter. Perubahan tersebut harus segera diantisipasi. Pelemahan karakter yang mengkibatkan muncul berbagai masalah dalam pola pikir dan pola sikap pada peserta didik. Kondisi tersebut menambah kekhawatiran terhadap masa depan peserta didik dan negara. Artikel ini fokus membahas kebijakan penguatan pendidikan karakter, bagaimana problematika pendidikan karakter dalam sistem pembelajaran daring, dan bagaimana cara penguatan pendidikan karakter dalam sistem pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan studi literatur dari berbagai referensi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter menjadi sangat penting karena menjadi Visi dari Pembangunan Nasional yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional. Selain itu berbagai kebijakan yang telah dibuat pemerintah menempatkan pendidikan karakter sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan. Berbagai fenomena dan problematika muncul daring sistem pembelajaran daring yang mengakibatkan pelemahan karakter peserta didik. Berbagai cara dilakukan untuk menguatkan kembali karakter peserta didik agar bisa beradaptasi dengan perubahan kehidupan.References
Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12(2)
Ahmadi, F. Y. (2017). Pembelajaran Wacana Sebagai Ladasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra). Edisi 1.
Anwar, A. (2013). Kontribusi Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi Perspektif Modal Sosial di Kota Parepare). Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan. 9(1).
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora 3(2)
Depdiknas. (2004). Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill). Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 9(1).
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). Introduction to Qualitative Research: How to Design and Evaluate Research in Education, 7th ed. Boston, MA: McGraw-Hill.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia,Vol. 2 no. 1
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010. (2010). Tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Guru Pembelajaran Petunjuk Teknis Peningkatan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda dalam Jaringan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran no 4. Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (covid- 19)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)
Kusumadewi, R. F., Tustina, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak COVID-19 DI SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol. 1 no. 1.
Lickona, T. (2012). Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Makarim, N. A. (2020). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: 7 Tips Pembelajaran Daring Melalui Belajar Dari Rumah
Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia .(2005). Visi dan Arah Pembangunan Jangka Panjang (PJP) Tahun 2005 – 2025.
Muslikhin (2019). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4(1).
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika The Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During The Covid-19 Pandemic In Mathematics. Al asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.
Novita, D & Hutasuhut, A. R., (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. https://www.researchgate.net/
publication/341830562_plus_minus_aplikasi_pembelajaran_daring
Nunan, D. (1992). Research Method in Language Leraning. New York: Cambridge University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018. (2018). Tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Purnomo, H. dkk (2020) Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna Vol. 11 No. 1.
Purandina, I. P. Y. & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 2.
Pusat Penguatan Karakter. (2020). Bahan Konsinyering Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XDPR RI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rasmuin. (2019). Konsep dan Implementasi Pendidikan Akhlak Pesantren Modern: Studi Pada Pondok Pesantren Modern Miftahunnajah Sleman. Jurnal Tarbiyatuna Vol. 10 No. 1.
Santika, I, W, E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, Vol. 3 No. 1
Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usmeldi. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Wulandari, Y., Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azwir Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.