KEPEMIMPINAN K.H. AHMAD DAHLAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23904Keywords:
Kepemimpinan K.H. Ahmad Dahlan, Pendidikan Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi pustaka terkait Kepemimpinan K.H. Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah analisis konten dengan mencari dan menganalisis berbagai literatur, baik dalam bentuk jurnal, buku, maupun dokumen resmi. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa K.H. Ahmad Dahlan sebagai seorang pemimpin dalam pembaharu pendidikan Islam di Indonesia memiliki cita-cita membuat suatu sekolah modern yang di dalamnya terdapat ajaran tentang pendidikan Islam. Karena menurutnya, upaya yang tepat untuk membangun bangsa adalah dengan membenahi sistem pendidikan pribumi. Beliau berpendapat bahwa tujuan pendidikan yang benar-benar sempurna adalah dengan menciptakan suatu individu yang tidak hanya mengerti atau paham tentang material, ilmu umum dan dunia, tetapi juga mengerti dan paham tentang spiritual, ilmu agama dan akhirat. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa K.H. Ahmad Dahlan merupakan sosok kepemimpinan yang mempunyai daya juang yang tinggi dalam pembaharuan pendidikan, dari segi pemikirannya yang memadukan antara pengetahuan umum dengan pengetahuan agama, sehingga pemikirannya tersebut menghasilkan pendidikan Islam yang modern tanpa menghilangkan unsur keagamaan, hingga saat ini pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan sudah tersebar ke seluruh Indonesia mulai dari, SMP/MTs, SMA/SMK, bahkan Perguruan Tinggi/Universitas.References
Akso, Akso, Ummah Karimah, and Faridah Faridah. “Filsafat Pendidikan: Studi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Di Indonesia.” MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah 7, no. 1 (2022): 71.
Amelia, Tasya Faricha, and Hudaidah Hudaidah. “Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2021): 472–479.
Amin, Moh. “Kepemimpinan Dalam Islam.” Resolusi: Jurnal Sosial Politik 1, no. 1 (2019): 15–22.
Diningrum Citraningsih. “Tujuan Dan Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 4, no. 2 (2021): 171–185.
M. Hamsah, Nurchamidah, Rasimin. “Pemikiran Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 7, no. 2 (2021): 378–389.
Ni’mah, Zetty Azizatun. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Kh. Ahmad Dahlan (1869-1923 M) Dan Kh. Hasyim Asy’Ari 1871-1947) M).” Didaktika Religia 2, no. 1 (2014): 135–174.
Pamungkas, Oktri, Shifa Diarsi, and Muhammad Supandi. “Model Kepemimpinan Profetik KH. Ahmad Dahlan Dalam Pendidikan Islam.” Masaliq 1, no. 3 (2021): 87–103.
Rahmi, Hurin, and Fuadati Anis. “Kh . Ahmad Dahlan Bagi Peserta Didik Mi / Sd.” Ibtidai Y Datakorama Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 No. (2020).
Rasyid, Ruslan. “Kepemimpinan Transformatif K. H. Ahmad Dahlan Di Muhammadiyah.” Humanika 18, no. 1 (2019): 50–58.
Suripto. “Paradigma Pemikiran Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan.” ILJ: Jurnal Pendidikan Islam (2023): 870–901.
Tahir, Gustia. “Muhammadiyah (Gerakan Sosial Keagamaan Dan Pendidikan).” Jurnal Adabiyah X (2010): 160–170.
Zainal Azman, Joni Helandri. “Pemikiran/Pembaruan Islam KH. Ahmad Dahlan.” El Ghiroh: Jurnal Studi KeIslaman 20 (2022): 182–201.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fajar Shihab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.