STRATEGI HUMAS (PUBLIC RELATION) DALAM MEMBENTUK CITRA ORGANISASI

Authors

  • Anggil Risnawati Universitas Karimun
  • Zuraini Zuraini Universitas Karimun
  • Akmal Asian Universitas Karimun
  • Haryati Haryati Universitas Karimun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23474

Keywords:

Public Relation, Strategi, Citra Organisasi.

Abstract

Humas memiliki peranan penting dalam setiap lembaga karena humas menjadi salah satu strategi dalam membentuk citra perusahaan baik itu citra positif maupun citra negatif. Humas dalam membangun citranya memiliki posisi yang terpenting dalam organisasi karena keberadaannya menjadi jembatan penghubung antara lembaga tersebut dan publiknya, dimana sering terjadi interaksi dengan masyarakat luas untuk menciptakan, mengembangkan dan mempertahankan sikap saling pengertian antar oraganisasi dengan masyarakat. tujuannya adalah untuk mengetahui peran humas dalam strategi membentuk citra organisasi. Jenis penelitiannya adalah dengan studi literatur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan data sekunder yang bersumber dari artikel jurnal. Hasil dari studi literatur adalah Humas (public Relation) adalah suatu usaha oleh organisasi dalam membangun hubungan baik dengan publik demi mendapatkan kepercayaan publik dan dukungan publik untuk membangun organisasi yang lebih baik dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Beberapa peran humas dalam strategi membangun citra organisasi yaitu (1) expert prescriber yang bertugas memberikan solusi untuk permasalahan yang berkaitan dengan humas dan manajemen organisasi, (2) communication facilitator bertindak sebagai perantara, penghubung, penerjemah dan mediator antara organisasi san publiknya, (3) problem solving process fasilitator yaitu mengelola krisis yang melibatkan komunikasi dan merancang strategi komunikasi untuk mengatasi tantangan organisasi. Strategi Humas (Hubungan Masyarakat) atau Public Relations (PR) memiliki peran penting dalam membentuk citra organisasi. Citra organisasi mencerminkan persepsi dan reputasi publik terhadap organisasi tersebut. Kesimpulan adalah Humas berperan dalam manajemen citra organisasi, yang mencakup bagaimana organisasi dilihat oleh publik dan pemangku kepentingan. Public relations dapat memberikan kontribusinya dalam proses strategic management melalui dua cara yaitu mengelola kegiatannya secara strategis dan melakukan tugasnya sebagai bagian dari strategic management keseluruhan organisasi dengan melakukan survei atas lingkungan dan membantu mendefinisikan misi, sasaran, dan tujuan organisasi.

References

Fauzalia, D., & Harmonis. (2022). Strategi Humas Dalam Membangun Citra Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Perspektif, 1(4), 428–436. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i4.158

Handin, R., Purwo, S., & Puspasari, D. (n.d.). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Herlina, S. (2015). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintahan Di Kota Malang. 4(3), 493. www.publikasi.unitri.ac.id

Meisani, S. (n.d.). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. POS Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. Pos Indonesia Di Kabupaten Garut).

Pembelajaran, J., Diri, P., Ali, M., Ritonga, S., Monang, S., & Azhar, A. A. (n.d.). Berajah Journal The Role Of The Madrasah Community Relations Section In Developing Brand Image (Case Study Of Man Labuhanbatu). https://doi.org/10.47353/bj.v2i4.187

Supada, W., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2020). Communicare (Vol. 1, Issue 1).

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Risnawati, A. ., Zuraini, Z., Asian, A. ., & Haryati, H. (2023). STRATEGI HUMAS (PUBLIC RELATION) DALAM MEMBENTUK CITRA ORGANISASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4139–4143. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23474

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.