LESSON STUDY : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II A SDK BHAKTYARSA

Authors

  • Maria Mariana Mau Universitas Nusa Nipa
  • Mara Helvina Universitas Nusa Nipa
  • Desi Maria El Puang Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23181

Keywords:

Lesson Study, Hasil Belajar, Number Heat Together.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDK Bhaktyarsa. Berdasarkan hasil tes observasi diketahaui dari 38 siswa terdapat 8 ( 22% ) yang tuntas dan 30 ( 78% ) tidak tuntas. Hal ini dikarenakan saat pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran atau alat peraga.   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas II A SDK Bhaktyarsa setelah menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study dengan tahapan plan-do-see. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian di ketahui pada siklus 1, hasil tes terdapat 13 (35%) siswa yang tuntas. Sedangkan siklus 2 di ketahui, hasil tes terdapat 30 (79%) siswa yang tuntas. Sehingga pada hasil penelitian ini dapat di simpulkan bhawa penggunaan media papan pintar pengurangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDK Bhaktyarsa

References

Aiken, Lewis R. (1985). “Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings”. Malibu : Educational and Psychological Measurement

Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97

Elsa, Y., Lewar, R., Maria, D., Puang, E., Lawotan, Y. E., Fkip, P., & Nusa, U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1730–1740.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Istiqomah, N., & Widodo, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2), 2(1), 75–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p59-68

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665

Mashud, M., & Ihwanto, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Dengan Memanfaatkan Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI?: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Sareng, M. D., Puang, D. maria El, & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 303–309.

Toja, A. E., Maria, D., Puang, E., Herliyani, M., & Bunga, D. (2022). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Peserta Didik Kelas III SDK Nita 1. Jurnal Nangalalang Primary Education, 4(2), 1–5.

Vinata, M., Serly, N., Helvina, M., Maria, D., & Puang, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study. JOTE: JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 5(2021), 291–299.

Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1396

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Mau, M. M. ., Helvina, M. ., & Puang, D. M. E. . (2023). LESSON STUDY : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II A SDK BHAKTYARSA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3869–3875. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23181