PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN DAN RASIONALISASI TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23162Keywords:
Tekanan . Kesempatan dan Rasionalisasi , Kecurangan MahasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh tekanan, kesempatan dan rasionalisasi terhadap Tindakan kecurangan mahasiswa.. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan metode random dalam memilih sampel dari beberapa konsentrasi pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan dengan menggunakan metode anlisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software Statistical Package For The Social Sciences (SPSS).Hasil penelitian menunjukan bahwa tekanan, kesempatan dan rasionlisasi berpengaruh positif dan signifikan terhada kecurangan mahasiswa. Semakin tinggi tekanan, kesempatan dan rasionalisasi yang dialami mahasiswa maka kecurangan akademik akan semakin meningkat.References
Andayani & Sari, (2019). Pengaruh Daya Saing, Gender, Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1458–1471. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.155
Apriani, et al (2017). Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris: Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).
Arikunto, (2006). Prosedur penelitian?: suatu pendekatan praktik (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.
Billy, et al (2019). Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Perspektif Fraud Diamond. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 11(2), 157–178. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i2.1346
Darwati (2019). Pengaruh Fraud Pentagon Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angakatan Tahun 2015 Universitas Negeri Semarang.
Deliana, et al (2017). Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud) Mahasiswa Akuntansi pada Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Utara. Proceedings: Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 1995, 772–779.
Desiana, et al (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Akuntabilitas, 11(1), 75–90. https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.8135
Dewi & Pertama, (2020). Fraud diamond dan dampaknya. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 27 – 46. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2469
Fadersair & Subagyo, (2019). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi?: Dimensi Fraud Pentagon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Ukrida). Jurnal Akuntansi Bisnis, 12 (2),122 – 147. https://doi.org/10.30813/jab.v12i2.1786
Fransiska & Utami, (2019). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Perspektif Fraud Diamond Theory. Jurnal Akuntansi Aktual, 6(2), 316 - 323.https://doi.org/10.17977/um004v6i22019p316
Fuadi, (2016). Determinan kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Dengan Konsep Fraud Triangle. Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 1–200.
Ghozali, (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, (2020). Pengaruh Pelayanan m-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Prabumulih. Islamic Banking?: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah 6(1), 101 - 118. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i1.151
Hardiana, et al (2021). Model Pentagon Fraud: Memprediksi Perilaku Akademik Mahasiswa. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 13(2), 234 - 248. https://doi.org/DOI?:https://doi.org/10.17509/jaset.v13i2
Indriantoro & Supomo, (2009). Metodologi Penelitian Bisnis Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Juniariani & Pradnyanitasari, (2019). Kecurangan Akademik Mahasiswa Dengan Mengintegrasikan Konsep Fraud Triangel Dan Self Efficacy. Ekonomi Dan Ilmu Sosial DIALETIKA, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.351
Kurniawan, (2013). Pengaruh Moralitas, Motivasi Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada SKPD di Kota Solok). Jurnal Akuntansi, 1(September), 3. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/714/471
Kusuma, (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Melakukan Tindakan Kecurangan Akademik Dengan Perspektif Fraud Diamond Dan Religiusitas (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia).
Lhutfi, et al (2021). Model Pentagon Fraud: Memprediksi Perilaku Akademik Mahasiswa. 13(2), 234–248.
Missa & Rafael, (2020). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dan Karyawan Di Bidang Akuntansi Tentang Fraud. Jurnal Akuntansi?: Transparansi Dan Akuntabilitas, 8(2), 105–116. https://doi.org/10.35508/jak.v8i2.2872
Molida & Chariri, (2011). Pengaruh financial stability, personal financial need dan ineffective monitoring pada financial statement fraud dalam perspektif fraud triangle. Universitas Diponegoro.
Motifasari, et al (2019). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Malang). E-Jra, 08(08), 66–85.
Mustofa, (2009). Pedoman Menulis Proposal Penelitian Skripsi dan Tesis Disertai dengan Contoh-contoh. Panji Pustaka.
Naufal & Aisyah, (2017). The Effect Of Fraud Triangel,Religiosity And Self Efficacy On Academic. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (KPAI, 1–14.
Nurjanah & Purnamasari, (2020). Pengaruh Sifat Machiavellian terhadap Kecenderungan Fraud Accounting dengan Moralitas Individu sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Akuntansi, 6(1), 203–207.
Nurjana & Anggraeni, (2021). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond dan Penyalahgunaan Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi saat Perkuliahan Online. JASPT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(2), 11. https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i2.462
Nurkhin, (2022). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 199–214.
Nursani, (2014). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Nusron & Sari, (2021). Pengaruh Fraud Diamond dan Religiusitas terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. 22(2), 87–96.
Oktarina, (2021). Analisis Perspektif Fraud Pentagon pada Terjadinya Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 227. https://doi.org/10.30737/ekonika.v6i2.1450
Paulus, (2021). Academic Self-Efficacy Dan Takut Gagal - Mana Yang Lebih Berpengaruh Terhadap Kecurangan Akademik? Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi (Journal Psychology of Science and Profession), 5(3), 248–257.
Pramudyastuti, et al (2020). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Diamond. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 147 – 153. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1301
Pramudyastuti, et al (2021). Academic Fraud Behaviour of Accounting Students: The Investigation Using Fraud Pentagon Theory. https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2020.2311936
Puasaningsih, et al (2022). Pengaruh Fraud Pentagon dan Integritas Mahasiswa terhadap Tindakan Kecurangan Akademik. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1), 821 – 826. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSA/article/view/2177
Rahmadina & Hapsari, (2020). Fraud Triangle Sebagai Motif Niat Melakukan Kecurangan Akademik. Akuntansi Manajemen, 17, 13.
Rahmawati & Susilawati, (2018). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa. J-MACC, Journal of Management and Accounting, 3(2), 41–54.
Riandi, et al (2017). Pengaruh sifat machiavellian, lingkungan etika dan personal cost terhadap intensi melakukan whistleblowing (studi empiris pada Bank BRI Provinsi Riau). JOM Fekon, 4(1), 2538–2550.
Romney, et al (2012). Accounting Information Systems Australasian Edition. Pearson Higher Education AU.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




