PENGARUH PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DI ERA DIGITAL

Authors

  • Dwika Putri Pameling STAIN Bengkalis
  • Gustrina Sari STAIN Bengkalis
  • Nor Faradea STAIN Bengkalis
  • Joni Hendra K STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37414

Keywords:

Pasar Modern, Pasar Tradisional, Transformasi Digital, Perilaku Konsumen, Persaingan Usaha, Adaptasi Teknologi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh pasar modern terhadap pasar tradisional di era digital di Indonesia. Menggunakan metode kajian pustaka, penelitian ini menganalisis transformasi sektor ritel yang dipengaruhi oleh digitalisasi dan modernisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan pasar modern telah membawa perubahan signifikan dalam pola perdagangan dan perilaku konsumen. Implementasi teknologi digital dalam sistem pembayaran, manajemen, dan pemasaran di pasar modern telah menciptakan kesenjangan dengan pasar tradisional, yang tercermin dari penurunan omzet hingga 30-40% dan berkurangnya jumlah pengunjung pasar tradisional hingga 50% dalam satu dekade terakhir. Pergeseran preferensi konsumen yang mengutamakan kenyamanan, efisiensi, dan pengalaman berbelanja terintegrasi telah memperkuat dominasi pasar modern yang kini menguasai lebih dari 40% pangsa pasar ritel nasional. Meski menghadapi tantangan, pasar tradisional masih memiliki peran vital dalam perekonomian dan sosial budaya masyarakat. Penelitian ini menemukan bahwa diperlukan strategi adaptasi digital yang tepat bagi pasar tradisional, didukung kebijakan pemerintah yang memadai, untuk menciptakan keseimbangan antara modernisasi dan pelestarian nilai-nilai tradisional dalam sektor perdagangan Indonesia.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Aryadi, A., Istia, P. T., Kusuma, A., Buku, A., Gunadi, H., Lorens, D., ... & Iskandar, A. A. (2024). Ekonomi Digital dan Transformasi Bisnis di Indonesia. TOHAR MEDIA.

Aziz, A. (2019). Ekonomi Politik Monopoli. Airlangga University Press.

Fajriawati, F. (2017). Analisis Pengaruh Persaingan Usaha Pasar Tradisional Terhadap Pasar Modern Peraturan Daerah Kota Medan. Varia Justicia, 13(2), 103-111.

Handiko, T. D., Hakim, M. N., Kristanto, T., & Bagaskara, D. B. (2023, July). PaGi: Wujud Modernisasi Pasar Tradisional di Tengah Gempuran Teknologi. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 7, No. 1, pp. 1-8).

Huda, B. (2023). Mendorong pertumbuhan umkm melalui platform digital. Jurnal Buana Pengabdian, 5(2), 86-91.

IKHSAN, M. (2023). IMPLEMENTASI PASAR RAKYAT BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 21 TAHUN 2021 (Studi Pada Pasar Krucil Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo) (Doctoral dissertation, Universitas Panca Marga).

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Masni, Y. (2014). Analisis preferensi konsumen dalam berbelanja di pasar tradisional dan pasar modern di kota Makassar. Skripsi, Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Nina, A. (2024). Eksistensi pasar tradisional dalam meraih peluang digital: Study deskriptif pedagang pasar tradisional Palasari Kecamatan Lengkong Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Pramiarsih, E. E. (2024). Perilaku Konsumen di Era Digital. Deepublish.

Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., ... & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

RAHMANIA, N. L. STRATEGI BERSAING PASAR TRADISIONAL DI ERA DIGITAL.

Sri Adiningsih, S. E. (2019). Transformasi ekonomi berbasis digital di Indonesia: lahirnya tren baru teknologi, bisnis, ekonomi, dan kebijakan di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

SURYANI, W. (2018). EKSTERNALITAS KEBERADAAN PASAR MODERN (MINIMARKET) TERHADAP KINERJA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah).

Tondu, M. I. (2015). PENGARUH PASAR MODERN (GIANT MOG) TERHADAP PASAR TRADISIONAL BARENG MENURUT PERSEPSI MASYARAKAT (Doctoral dissertation, ITN MALANG).

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Pameling, D. P. ., Sari, G. ., Faradea, N. ., & K, J. H. (2024). PENGARUH PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DI ERA DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 162218–16223. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37414