ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22252Keywords:
Kurikulum Merdeka, Penilaian, Hasil BelajarAbstract
Kurikulum Merdeka yang bertujuan pada peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 21 tahun 2022 tentang standar penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan menengah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Analisis penilaian hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada kurikulum merdeka. Hasil penelitian dalam pelaksanaan penilaian tidak ada kebijakan khusus tetapi pihak sekolah menyerahkan sistem penilaian kepada guru mata pelajaran, adapun instrumen penilaian yang digunakan setiap guru memiliki perbedaan saat guru melaksanakan penilaian. Kendala yang ditemui saat penilaian yaitu beragam mulai dari siswa tidak hadir kesekolah dan selain itu perilaku siswa tidak terekam. Saran bagi guru yaitu perlu ditingkatkan lagi pemahaman dan kemampuan melakukan penilaian sikap serta mengembangkan instrumen penilaian dan bisa melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang untuk kemudahan dalam pelaksanaan penilaian bagi peserta didik.References
Agustini. 2020.”Problematika Gum IPA Terpadu Kelas VII SMPN 9 Mataram", TAMRINAT: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran, 1.1 (2020), 54—00
Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alwardah, Nanda., dkk. (2020). Penerapan Model Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ). 8(2): halaman 50-57.
Kurniaman, Eddy Noviana. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Jurnal Primary, Vol. 6 No. 2.
Khusnah, L. (2020). Persepsi Gum IPA SMP/MTs terhadap praktikum IPA selama Pandemi covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), https://www.jumalpendidikan.uinsla.ac.id/index.php/SEAL/a1ticle/view/2 91
Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp ( Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. IJED (Indonesian 61 Journal of Educational Development), 1(April), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682 N, N. (2015). Jenis-Jenis Sistem Imun.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Noventari. 2020. Konsepsi Merdeka Belajar dalam sistem Among menurut pandangan Ki Hajar Dewantara,” Universitas Sebelas Maret
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, P., Mulyani, S., Miswadi,S. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 63-70. (http://journal.uunes.ac.id/index.php/jpii).
Rahayu, Yuna Mumpuni. 2016. Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Logika, Vol XVIII, No 3.
(www.jurnal.unswagati.ac.id).
Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2)(ISSN 2622-6197 ISSN 2655-4402), 81–89.
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., dkk.(2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis. Hal. 20. Online: https://books.google.co.id diakses tanggal 8 januari 2022.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sa’diyah, et al. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). 5 (2), 552-563.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Yuniarto, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan. Cirebon : CV Pangger.
Wisudawati, W.A., dan Sulistyowati Eka. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marzuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.