MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN KELAS II (DUA) SD MENGGUNAKAN MEDIA

Authors

  • Urniwati Siregar UPT SD NEGERI 010 SUNGAI RAMBAI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22165

Keywords:

Hasil Belajar, Pemahaman Konsep,Perkalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pemahaman konsep dasar perkalian pada siswa kelas II SD melalui penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain kartu bilangan, balok kayu, dan manik-manik warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 66,67% dan meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Hasil tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD.

References

Djoko Iswaji. (2003).Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di SD

Nasution, Noehi. (2004). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pahyono. (2004), Materi TOT Guru Pemandu Ilmu Pengetahuan Alam, Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah

Setiawan, Denny, dkk. (2004), Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suciati, dkk. (2005). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka..

Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2006). Kurukulum Sekolah Dasar . Jakarta: Depdiknas Prayitno, Edi. (2006), Materi TOT Funsional. Jakarta: LPMP Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persad

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Siregar, U. . (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN KELAS II (DUA) SD MENGGUNAKAN MEDIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 718–721. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22165