MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN KELAS II (DUA) SD MENGGUNAKAN MEDIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22165Keywords:
Hasil Belajar, Pemahaman Konsep,PerkalianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pemahaman konsep dasar perkalian pada siswa kelas II SD melalui penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain kartu bilangan, balok kayu, dan manik-manik warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 66,67% dan meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Hasil tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD.References
Djoko Iswaji. (2003).Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di SD
Nasution, Noehi. (2004). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pahyono. (2004), Materi TOT Guru Pemandu Ilmu Pengetahuan Alam, Semarang: Widyaiswara LPMP Jawa Tengah
Setiawan, Denny, dkk. (2004), Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suciati, dkk. (2005). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka..
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2006). Kurukulum Sekolah Dasar . Jakarta: Depdiknas Prayitno, Edi. (2006), Materi TOT Funsional. Jakarta: LPMP Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persad
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Urniwati Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.