MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENYIMAK DONGENG BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22164Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation, Minat Dan Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif learning tipe group investigation dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menyimak Dongeng berbantuan media audio visual pada siswa kelas 3C UPT SD Negeri 037 Karya Indah semester 1 tahun pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . PTK ini menggunakan model pembelajaran investigasi. Urutan langkah penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: Dengan menggunakan model pembelajaran Group investigasi, minat dan hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan berdasar nilai KKM dari sekolah yakni 70. Pada siklus 1 hasil belajar belum mencapai nilai rata-rata kelas yakni untuk hasil belajar individu 65,1 dan untuk hasil belajar berkelompok dengan nilai 53 serta siswa yang belum tuntas sebanyak 18 orang siswa dari jumlah siswa 41 anak. Meningkat pada siklus 2 setelah berbantuan media pembelajaran berupa audiovisual nilai rata-rata hasil belajar individu sebesar 86,1 dan untuk hasil belajar berkelompok dengan nilai rata-rata siswa yakni 90 dan ketuntasan belajar mencapai Sangat Baik dengan konversi A semua siswa tuntas.References
Nurhakim, M. (2018). Penerapan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas Iii Mis Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Jurnal penelitian pendidikan bahasa indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 190.
Arends, L. Ricard.2008. Learning to Teach (Belajar Untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto,Suharsimi & Suharjono & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Oemar Hammalik. 2007. Strategi Pembelajaran dan Mengajar. CV. Maulana. Bandung.
Sharan,dkk.1984. Cooperative Learning in the classroom : Research in desegregated school. Hilsdale. NJ : Erlbaum
Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Cetakan 1. Surabaya: Usaha Nasional.
Yuwono, Trisno & Abdullah Pius. 1994. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Praktis. Surabaya :Arkola
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rita Nelma Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.