MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 007 LUBUK RAMO
Keywords:
Keterampilan Membaca, Audio VisualAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia . penelitian ini dilakukan oleh peneliti di SDN 007 Lubuk Ramo, dengan subjek penelitian 18 siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca, hal ini dibuktikan dari hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh peneliti berdasarkan lembar observasi penilaian kemampuan membaca, maka terlihat pada siklus I hasil kemampuan membaca siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dan pada siklus II terdapat 15 siswa yang tuntas.References
Ali, Muhammad.(1992) Guru dan Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Biru.
Arsyad, A. (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Daryanto (2016) Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hartono (2009) ‘Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas’, pp. 1–24.
Hadirukiyah, Media Audio Visual, http://hadirkiyah.blogspot.com, 2010.
Huda, M. (2013) Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Muhlisin,Usada and Djaelani (2015) ‘Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Metode Global Berbasis Media Audio Visual’, Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo).
Mulyono. (2009). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Surakarta: UNS tidak diterbitkan.
Munadi, Y. (2013) Media Pembelaja ra n (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi
Ratni dan Raden Apriadi (2019) ‘Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Sekolah Dasar’, STKIP Hamzar Lombok Utara, 8(5), p. 55.
Sayidiman (2012) Penggunaan Media Audiovisual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume II. No. 1.
Somadyo, S. (2011) Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tampubolon, DP. (1987). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008) Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Misdarniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.